Roti Jadoel + Kopi Top dari Pematang Siantar

Kunjungan pertama ke Medan membuat gue bener-bener semangat hehe... Apalagi di Medan banyak banget makanan yang uenak-uenak ^^ Saat akan menuju Danau Toba gue melewati salah satu kota paling beken di Medan yaitu Pematang Siantar. Wah, jadi nostalgia dulu pas jaman chatting di MiRc kebanyakan dapet temen dari Siantar xixixi :p

Menurut driver yang membawa gue di kota ini ada satu toko roti yang terkenal di Jl. Soetomo, namanya 'Toko Roti Ganda'. Konon toko roti ini termasuk salah satu toko roti legendaris di sana dan karena gue suka banget roti jadi wajib mampir dong ^^

Toko Roti Ganda berada di sisi kanan Jl. Soetomo yang rameee bangedd. Pas nyebrang rada" susah, untung ada bantuan tukang parkir jadi selamet deh nyebrang ditengah arus mobil dan angkot disana. Hiyaaaa.... toko rotinya rame banged !!! Pengunjung mulai dari anak", ibu", bapak", sampe nenek" numplek semua di sini. Yeaaa... welcome to Siantar hohoho....! Semua hanya punya satu tujuan ya beli si Roti Ganda. Btw apaan sih Roti Ganda?

Gak kayak toko roti atau bakery umumnya di Jakarta yang roti"nya di display dan kita tinggal ambil. Disini kita harus bilang sama mbak" yang sudah stand by di beberapa titik dan akan meracik roti pesenan kita. Roti yang dimaksud disini ternyata adalah roti tawar. Dari sejauh mata memandang di rak-rak yang ada emang roti tawar anget yang baru keluar dari oven. Ngeliatnya ngiler juga karena benar" fresh from the oven :)


Gue perhatiin untuk isinya cuma ada 2 kalo enggak meisis ya selai srikaya Medan yang terkenal itu. Berhubung gue gak lagi pengen makan srikaya ya akhirnya pesen isi meisis aja deh.

Keknya di sini gak ada prinsip first come first served jadi gue dari tadi diselak terus. Akhirnya gue amatin cara orang" lokal sana pesen. Oooo... jadi pas dateng langsung bilang sama si mbaknya pesen apa dan berapa banyak dengan gaya ngomong sok 'galak' logak Batak sono. Eitssss.... berhasil sodara" hehehhe.... yuppy pesenan gue langsung dibuatin. Hahaha jadi dapet pengalaman baru deh!!!

Di sini cuma ada 2 pilihan roti tawar yaitu besar dan kecil. Gue pilih yang kecil wong cuma mo diembat berdua aja. Si mbaknya langsung ngambil roti tawar yang ada di belakangnya. Pertama-tama tangan lincahnya langsung ngebelah dua tu roti, dioles dengan cream putih, kemudian ditabur meisis yang royal. Terus dipotong-potong dan dibungkus dengan gesit pake kertas roti jadi deh. Hal yang sama juga berlaku kalo pesen roti srikaya. Gue tinggal bayar di kasir... ^^

Di kasir ada kotak-kotak kue bolu, kue tart, dan kue lapis. Tapi keknya yang beli gak seheboh yang beli roti tawar deh hehe... Pas bayar weww untuk roti tawar gue cukup membayar 6K aja dan 12K untuk yang besar. Bole dibilang cukup murah-meriah kalo dijakarta mah cuma dapet roti tawar dorongan dengan harga segitu.


Untuk makan si roti tawar ini gue sudah dikasih tips dengan si bapak driver. Gue langsung nyebrang lagi bareng temen gue menuju kedai kopi bernama Kok Tong Kopitiam. Kedai kopi lokal itu juga termasuk yang sangat terkenal di Siantar karena sudah berdiri sejak tahun 1925. Tapi kini kedai Kok Tong juga sudah ada beberapa cabangnya di Medan.

Kedai kopi ini ada di lantai 2, sudah disediakan tangga khusus yang langsung menuju kedai kopi tersebut. Tempatnya sederhana banget dan agak sempit, cuma ada beberapa meja di kiri dan kanan. Menunya ternyata gak cuma kopi tapi ada teh, jus, soft drink bahkan bir. Sayang padahal akan lebih baik kalo mereka mempertahankan keaslian kedai kopinya, tapi gak bisa disalahkan juga karena permintaan konsumen juga makin beragam.

Untuk kopinya ada Kopi O (kopi hitam), Kopi Susu - keduanya bisa disajikan dengan telur atau dingin - Kopi latte, dan Cappucino. Begitu juga dengan tehnya selain itu juga yang ditambahkan jelly. Menu makanannya mulai dari nasi, mi goreng, kwetiaw, bubur juga ada. Karena sudah berhubung bawa bekel roti ganda gue jadi gak tertarik buat nyobain makanan disini. Yang suka selai srikaya bisa bawa untuk oleh" karena mereka jual selai srikaya 1/2 kg 60K dan 1kg 30K.

Gue pesen kopi susu dan teh susu untuk temen gue. Sambil nunggu pesenan tiba... dibukalah bungkusan roti. Aihhh... rotinya menggoda banget, irisannya tebel dengan tekstur yang padet. Kayaknya pake adonann jadoel nih yang masih tanpa bahan pengawet. Pas sekali hap... masuk mulut nyam nyam uenak banget! Empuk dan creamnya gak bikin eneg meski si meisis juga manis. Pantes aja ni roti laku bener.

Apalagi pas si kopi susu yang disajikan dengan gelas kaca berlogo Kok Tong Kopitiam dateng. Kopinya harum disajikan dingin karena cuaca asli panas banget. Kopi di Kok Tong ini pake kopi robusta. Sekali seruput huahh... bikin melek mata yang udah tinggal 5 watt karena kecapean plus kepanasan. Kata temen gue teh susunya juga enak banget ^^

Danau Toba sudah menunggu kak jadi cepat" ku seruput habis itu kopi. Sayangnya gue jadi lupa catet harganya hahaha... karena buru" ngacirr!!! Yang pasti harganya murah banget deh ^^ Kalo ke Siantar gue pasti bakal mampir lagi.

Roti Ganda
Jl. Soetomo No.89
Pematang Siantar - Medan
Telp: 0622-23110

Kopi Kok Tong
Jl. Soetomo 
Pematang Siantar - Medan

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.