Resto: Seafood Segar di "Pondok Way Panas" Kalianda


Entah udah berapa kali gue melewati Pondok Way Panas yang lokasinya ada di Kalianda, Lampung Selatan ini, tapi kok gak pernah tau kalo disini juga berfungsi sebagai restoran yang menawarkan beragam menu seafood. 

Oh iya bagi yang belum tau "Way" dalam bahasa Lampung artinya "Air", jadi itu bukan bahasa Inggris ya kekeke... jadinya nama tempatnya itu sebenernya Pondok Air Panas. Beberapa waktu lalu gak sengaja mampir kesana bareng temen-temen gue setelah mengunjugi pemandian Way Belerang yang bakal gue bahas di artikel terpisah.

Kebetulan perut lafarr berat setelah mandi belerang so disaranin oleh staff Hotel Kalianda tempat kami menginap agar mencoba makan disana, karena di tempat ini minim makanan enak. Padahal sayang banget loh, karena disepanjang jalan di Kalianda adalah laut seharusnya banyak nih yang jual seafood. Di beberapa spot yang gue liat cukup banyak yang menjual otak-otak ikan yang harganya tiga kali lebih murah dibandingkan di Jakarta pastinya. Tapi memang harus pilih-pilih juga karena ada yang enak, ada juga yang gak begitu enak :p

Buat yang baru pertama kali ke Pondok Way Panas, tanya aja sama penduduk sekitar pada tau kok. Atau kalo dari arah Jl. Lintas Sumatra masuk aja ke arah Patung Topeng/Masjid Kubah Intan yang jadi ikon kota Kalianda ini terus lurus sampe lewatin Hotel Kalianda (posisi sebelah kanan), terus aja sampe lewatin pasar sampe mentok baru belok kanan terus belok kiri lagi, lewatin BOM (nama tempat pelelangan ikan di sana posisi sebelah kanan), nah terus dikit gak berapa jauh dari situ posisi si Pondok Way Panas (sebelah kanan jalan). Nyampe deh :)


Kebetulan pas sampe ya kok ujan yah? Tapi si Ibu yang punya resto baek banget, turun mobil kita ditawarin payung. Udah nanggung deket juga sama pintu masuk resto yaaaa lari aja lah :D Bangunan ini awalnya sih rumah berbentuk letter U. Disebelah kiri si Ibu buka warung di bagian tengah restonya dan bagian kanan ada tempat-tempat kamar mandi untuk bilas kalau habis mandi air panas.


Bagian restorannya ada indoor dan outdoor... sederhana sih tapi idenya menarik juga. Bagian dalam pengunjung bisa makan lesehan bisa juga di meja dan kursi biasa. Kalo bagian outdoor ini seperti beranda yang langsung menghadap ke laut lepas. Nah, jadi kalo yang mau cobain pemandian air panas belerangnya ya harus turun jalan kaki ke laut itu udah disediain tangga khusus, karena air panasnya ada di balik bebatuan hitam besar yang ada di sana. Wah unik juga, yess? 

Pengen banget sih nyobain cuma cuaca gak mendukung apalagi udah mandi dan rapi neh masa mo nyemplung lagi hehe... >.<  Pas kita duduk eh udah berenti lagi ujannya tapi tetap mendung gelep banget. Yang unik dari bebatuan di laut itu keluar uap-uap air panas hehe keren juga sayang berhubung cuma foto pake kamera jadi uap air panasnya gak keliatan =.="

Air Panasnya di batu-batuan hitam itu tuh hehe keliatan khan?
Sempet juga foto-foto di bangku yang disediakan menghadap laut dan dari kejauhan keliatan kapal-kapal penangkap ikan yang besandar di pelabuhan BOM (tempat pelelangan ikan). Rencananya sih abis dari sini kita pengen mengintip ke BOM katanya sih banyak juga jualan makanannya. Penasaran nih!

Singkat kata kita langsung order makanan donk... Pesenlah gue kepiting saos padang 1 porsi (sumpah gak mikirin harganya berapa hahaha langsung order), ikan pindang 2 porsi, cah kangkung, dan udang serta sambal dan lalapan. Orderan dateng agak lama hehe... mungkin ikannya ditangkep dulu kali ya, sekitar 30 menitan lah, tapi gak mengecewakan sih ini dia penampakannya. Untuk sekelas restoran ini makanannya looks good. Pas dicobain rasanya juga cukup enak kok buat gue dan yang pasti seafood nya dijamin seger semua. Kata driver yang anter gue ke resto tersebut katanya kalo tamu pesen baru si pemilik membelikan bahan-bahannya di BOM jadi memang dijamin seger. Yang mengecewakan siyyy cuma otak-otaknya hehehe :D


Seporsi kepiting isinya 2 buah, terus ikan pindangnya beuhh guedeee banget nyesellll gan pesen dua porsi hahaha... Apalagi yang makan pada sok-sokan diet lol akhirnya dicemilin deh tanpa nasi karena sayang kalo gak abis. Ikan pindang yang disajiin disini tuh yang kuahnya bening bukan kuah merah, tapi enak kok asem-asem syeger... kuahnya dihirup pas lagi dingin-dingin ujan makin uenak hehe... Kepitingnya juga seger, sausnya kurang begitu nendang sih tapi oke lah :) Oia kalo nasinya disajikan pakai bakul ya bukan satuan.

Untuk semua makanan dan minuman yang gue pesen untuk 5 orang ini total kerusakan IDR 230rebu aja donkkkk.... hahhaha yah mayan donk harga segitu udah makan kepiting, udang sama ikan. Saking kekenyangan langsung ngegelinding lagi ke mobil... eh diuber-uber si bapak yang ada di resto waduh efek kekenyangan nih kayaknya, apa tadi gue lupa bayar ya? Eitss ternyata gegara tumblr gue ketinggalan hehehe... makasih ya Pak baek banget deh ^.^ 

Next time gue mau mampir lagi ke sini, pokoknya harus nyobain air panasnya nih! Apalagi kata si ibu pemilik resto untuk mandi air panas gratis loh cukup bayar pemakaian kamar mandi aja yaitu 3ribu rupiah. Asyik gak tuh? Kapan-kapan saya mampir lagi ya... Bu!  *sambil elus-elus perut buncit*

Pondok Way Panas Kalianda
Jam buka:
Senin - Sabtu jam 09.00 - 21.30
Minggu 09.00 - 17.30

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?