Berendam di Air Panas Way Belerang Kalianda


Berkunjung ke Lampung enggak melulu harus ke pantai loh. Kalo pengen sesuatu yang sedikit beda, kamu bisa mengunjungi "Way Belerang" alias Air Belerang yang terletak di kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Apalagi kalau berkendara dari Jakarta dan menyebrang menggunakan kapal ferry dari Bakauheni dan melewati jalan lintas Sumatera, so udah pasti bakal melewati jalan menuju pemandian air panas belerang ini.

Akses menuju "Way Belerang" gampang banget, patokannya Masjid Kubah Intan Kalianda (aka Masjid Agung). Masjid ini cukup besar dan bagian depannya ada miniatur Kabah jadi sangat mudah dikenali. Di jalan depan masjid ada Tugu Tuping (Topeng), nah dari sana lo bisa belok kiri yang menuju ke pusat kota Kalianda. Tinggal lurus terus patokan ada Hotel Kalianda di sebelah kanan, nah tinggal belok kiri deh sampai ketemu bundaran, belok kanan lagi dan masuk ke jalan kecil di samping sebuah SD.

Dari sana jalanan agak menanjak, karena pemandian air belerang ini memang terletak di kaki Gunung Rajabasa. Perjalanan dari sini menuju atas sekitar 10-15 menit menggunakan mobil. Pemandian air belerang ada dua yang letaknya di sebelah kanan milik mantan Bupati Kalianda Rico, sedangkan yang ada di paling atas sekali tinggal lurus aja sampe ada gapuranya itu milik Dinas Pariwisata Lampung Selatan. Kalo pertama kali dateng tempatnya agak-agak serem menjurus ke mistis gitu deh karena banyak pohon-pohon besar dan berumur tua. Bayangin kalo malem-malem kesini? Hiyyyyy...


Gue sih menganjurkan ke pemandian air panas milik Dinas Pariwisata ini karena lebih alami dan sudah ada sejak puluhan tahun silam. Konon kata orang-orang tua disana, dulu air belerangnya langsung mengalir dari gunung. Keren ya? Meski sekarang memang bau belerangnya tidak lagi sangat menyengat hidung dan air tidak terlalu panas banget lagi, tapi jadi lebih enak buat berenang dan berlama-lama berendam. Oia di sisi kiri halaman parkirnya ini juga ada kolam renang biasa buat yang gak mau mandi air belerang.

Kalau sekarang pemandian air belerang ini sudah dibuat seperti kolam renang komersial. Air panas yang mengandung belerang alami mengalir dari bawah kolam yang diberi batu-batu kerikil besar. Jadi kalau melihat ke dasar air kolam yang jernih ada gelembung-gelembung kecil yang keluar dari bebatuan, nah itulah si air panas yang secara alami yang mengalir dari bawah tanah. 

Tuhhh kann atapnya udah gak ada lagi hehehe....
Kalau dulu kondisinya masih seadanya, bahkan kolam renang kecil pinggirannya masih bebatuan dan tanah, kini sudah disemen dan lumayan bagus. Tapi jangan bandingkan dengan kolam renang di kota-kota besar ya... karena memang jauh banget namanya aja di kampung pastinya semua lebih sederhana :) Tapi yang gue suka kalo kesini ya udaranya, angetnya air belerang, kalo berenang natap langit yang biru dan bersih, terus pepohonan yang ijo-ijo disekitar kolam bikin mata adem lagi.

Pondokan dan tempat-tempat duduk sih kini sudah jauh lebih nyaman karena sudah direnovasi, meski sayang banget tempat bilasnya masih hmmm... ya gitu deh hehehe... Bagian atapnya udah gak ada jadi lo bakal bilas sambil menatap langit biru. Bapak bupati cepetan dibenerin donk??? hehehe... Pancurannya seadanya dan tempat ganti baju pintunya gak bisa ditutup jadi siap-siap teriak kalo ada pengunjung lain yang tiba-tiba muncul atau gak sengaja ngebuka hehehe.... 

Ada 3 kolam disini dengan tiga tingkat kedalaman yang berbeda, dua kolam untuk dewasa (ni dalem banget deh kaki gue aja gak nyampek... yasihh orang dalemnya sampe 170cm jadi kalo yang bawa anak-anak mending di kolam anak aja ya biar aman)  dan satu kolam untuk anak-anak yang sekarang udah direnovasi jadi pinggirannya udah semen gak tanah lagi.

Kolam Way Belerang untuk Anak-anak
Buat yang mau kesini gue ada beberapa tips supaya lebih nyaman saat berkunjung:

1. Kalau mau mandi disini mendingan dateng pagi-pagi deh, karena kalo pagi kolamnya lebih sepi dan air masih sangat bersih. Meskipun memang airnya selalu ganti terus sih, tapi kalo udah berganti hari kan otomatis jadi lebih bersih lagi kan? hehe... Terus kalo pagi tempat ini cepiiii jadi bakal serasa mandi di kolam sendiri....  Kalo udah sore rada rame terutama sama anak-anak dan abegeh baik hari biasa maupun weekend.

2. Pas turun dari mobil lo pasti dikerubuti sama emak-emak penjual sabun belerang. Beli aja sekantong isinya banyak cuma goceng alias lima ribu rupiah. Selain menambah penghasilan mereka sabun ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena bisa juga loh dipakai di rumah :) Karena air belerang juga berkhasiat bagus untuk kulit, apalagi yang memiliki penyakit seperti gatal-gatal. Wajib beli sabunnya tuh untuk diusapkan ke badan dan wajah saat mandi nanti, eitsss tapi jangan sampai kena mata loh baik sabun maupun air belerangnya jadi olesin aja sabunnya cukup di sekitar mata karena bakal sangat perih banget.

3. Pas masuk kamu pasti dimintain biaya masuk tiket. Gak mahal kok dan gak tipu-tipu karena memang uang kamu dituker langsung sama tiket masuk resmi dari pemerintah.

4. Kalo ada yang nawarin kelapa dugan atau makanan mending langsung pesen ehehe... daripada lagi mandi pengen minum kelapa dugan atau makan pecel kan repot sementara lo udah bau belerang >.< Apalagi harga makanan dan minuman disini murah meriah kok.


5. Kalo mau mandi disini disarankan jangan pake baju yang kebuka banget karena jarang yang mandi disini pake baju renang hihihi maklum di kampung. Kebanyakan sih pake baju kaos dan celana pendek atau celana legging yaaa biar lebih sopan juga dan gak risih. Baju kaos juga kalo bisa yang balel aja karena kalo pake yang bagus sayang tar karena aroma belerangnya bakal nempel berminggu-minggu di baju lo meski udah dicuci. Pokoke semerbak bau belerangnya bakal ngalahin bau parfum mehil >.<

6. Jangan lupa bawa baju ganti, sabun dan shampo untuk bilas nanti, karena lo tau sendiri deh air belerang baunya gimana ehhee... kalo gak bilas duh sepanjang jalan bisa jadi parfum di mobil nih. Syedappp....! Kalo kamu nginep di hotel mending bilas secukupnya aja, pas di hotel baru mandi yang bersih.

7. Karena di tempat ini minim tong sampah paling tidak kalau mau buang sampah camilan dari rumah jangan buang sembarangan ya! Paling gak kumpulkan di satu tempat dan nanti akan dibersihkan si penjual, kalau gak bawa pelastik kosong buat sampah-sampah snack. Paling gak, ya kita bisa ikut menjaga kebersihan tempat ini :)

Karena letaknya di kaki gunung Rajabasa, udara disini seliwir-seliwir adem dengan hembusan angin yang sedikit kencang (maklum dekat laut juga). Cuma dengan berendam aja gue sih ngerasa nyaman banget... dan berasa gak mau keluarrrrr dari ni kolam hehehe... Kalau haus tinggal minum air kelapa segar yang udah disediain si bapak penjual yang cuma 5 ribu rupiah. Asyik kan?

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?