Review Belanja: Plus Minus Belanja di Shopee

Hi hi... setelah gue pernah membahas tentang Plus Minus Belanja Online di website Yes24.co.id sekarang giliran aplikasi belanja Shopee yang bakal gue bahas kali ini. Aplikasi belanja Shopee setahu gue belum begitu lama diluncurkan di Indonesia kalau gak salah sih akhir 2015. Mungkin buat yang senang belanja online udah familiar dengan aplikasi belanja yang bisa diunduh di App Sore dan Google Play Store ini. Oia belum lama sekitar awal November 2017 lalu Shopee juga meluncurkan Shopee Mall yang menjual produk dengan merek-merek resmi dan berasal dari penjual pilihan Shopee.

Pemakaian aplikasi ini cukup mudah alias gak ribet. Gue juga baru mengunduh aplikasinya sekitar setahunan belakangan ini. Shopee makin dikenal karena adanya promo "Ongkir Gratis". Jujur memang sejak adanya promo "Ongkir Gratis" membuat gue lebih konsumtif alias makin rajin belanja lewat Shopee. Hayooo ngaku siapa yang gitu juga? hehe... Nah, dari rajinnya gue belanja lewat aplikasi inilah makanya gue bisa memberikan review belanja di Shopee dari pengalaman gue selama belanja lewat aplikasi ini.


So apa aja nilai plus yang bakal kamu dapatkan dari belanja disini?
1. Barang yang dijual banyak banget dari kosmetik, makanan, baju, dll... baik produk lokal maupun produk import yang langsung dikirim dari luar negeri dengan harga yang sedikit lebih miring dari toko dan bisa dibayar dengan rupiah. Harga yang tertera dicantumkan oleh seller sehingga kamu bisa cari yang termurah dari banyaknya seller yang menawarkan barang yang sama.

2. Pembayarannya pakai transfer bank baik pakai virtual acc BCA (cek otomatis) maupun transfer manual biasa dari berbagai bank. Bisa via Indomaret, kartu kredit maupun Kredivo (cicilan). Saya sih lebih suka yang virtual acc jadi gak perlu ribet konfirmasi lagi.

3. Konsumen bisa berinteraksi langsung dengan si penjual lewat fitur chat yang tersedia. Seperti menanyakan stock barang, spek barang, dll. Nah di info store ada prosentase chat dibalas sehingga konsumen bisa melihat apakah toko aktif atau tidak dalam melayani pembeli atau ramah tidaknya seller.

4. Konsumen bisa melihat testimoni atau tingkat kepuasan yang diberikan oleh para pembeli pada masing-masing barang yang mereka beli. Jadi kalau misalkan kamu ingin membeli barang tertentu, lihat dulu komentar pembeli akan barang tersebut ya. Karena dari sana kamu bisa memastikan kualitas barang yang kamu beli apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan atau tidak dan mempertimbangkan untuk beli atau enggak.

5. Adanya "Garansi Shopee" jadi kalau barang tidak dikirimkan oleh seller, barang out of stock (habis) atau bisa juga dalam keadaan tidak baik maka kamu bisa mengajukan refund via Shopee. Gue udah 3x refund sih karena produk gak dikirim dan ada juga karena produk habis. Uang langsung masuk ke acc ShopeePay dan bisa dicairin ke rekening bank kita dalam waktu max 2x24 jam. Cukup cepat kok dan mudah banget prosesnya.

6. Adanya promo "Ongkir Gratis" dalam beberapa priode tertentu. Gratis subsidi ongkir 30ribu untuk pulau Jawa dan 40ribu luar P. Jawa. Mayan sihhhh hehhee... eits tapi ada min pembelian loh untuk dapetin free ongkir ini biasanya sih Rp 70.000,- per store. Selain itu ada flash sale untuk beberapa barang yang ditawarkan dengan diskon yang cukup cetar.

7. Untuk pembelian beberapa produk ada yang mendapatkan "Point Shopee" nah dimana nantinya koin tersebut bisa dipakai untuk jadi potongan langsung pembelian kamu di pembelanjaan berikutnya. Mayan juga lah :)

8. Adanya fitur "Pelacak Resi" ini memberi kenyamanan pada buyer dan biasanya seller diberi batas waktu tertentu untuk melakukan pengiriman. Lewat dari batas tanggal max pengiriman maka buyer boleh mengajukan refund. Jika seller sudah mengirim paket maka secara otomatis akan tertera di aplikasi jadi kita bisa memantau dimana posisi paket tanpa perlu login ke website JNE/TIKI dll. Selain itu adanya fitur "Paket Telah Diterima" juga memberikan kenyamanan pada seller bahwa paket sudah diterima oleh konsumen dan biasanya di saat kita klik "Pesanan diterima" maka pihak Shopee akan melepaskan dana/uang yang kita transf untuk pembelian barang tersebut ke toko penjual.

8. Ada nilai untuk seller dan buyer berupa bintang atau star icon. Setelah menerima barang kita bisa memberi penilaian tingkat kepuasan terhadap barang tersebut dari 1-5 bintang plus komentar terhadap barang tersebut. Ini sangat membantu pembeli lain loh dalam memutuskan apakah akan membeli di seller bersangkutan atau tidak. Jadi kalau udah beli jangan lupa ya kasih penilaian bintang dan isi komentar ya.

Nah, seller juga bisa kasih bintang buat buyer jadi mereka juga bisa nilai kamu apakah kamu buyer yang baik atau enggak, karena ada juga buyer yang sengaja jatuhin seller misal fitnah kalau barang gak sampai padahal barang sih diterima dan ada juga yang bilang barang lama sampai padahal yang tertera barang sampai on time maka seller berhak juga kasih nilai ke si pembeli :)

9. Di Shopee seller bisa jadi buyer dan begitu juga sebaliknya tanpa harus mendaftar dua kali. Praktis kan? 

Hmm terus belanja disini point minus nya apa aja? Menurut saya sih berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu belanja via Shopee:

1. Sebelum membeli selalu tanyakan dulu kesediaan barang kepada seller via chat. Sebab biasanya tidak semua seller rajin meng-update stock mereka. Selain itu pastikan apakah barang "Ready Stock" atau "PO". Ya kalo PO otomatis pengiriman lebih lama... apalagi kalau dikirim dari luar negeri. Buat konsumen males seperti saya memang agak bete sih dengan ritual nanyain stock doank ke seller "Ready gak gan?" hehe... meski sebenernya simpel.

2. Point minus kedua adalah banyak banget gan seller yang menawarkan barang yang sama dengan harga yang berbeda. Baik cuma sekadar beda 200 perak maupun sampai ratusan ribu. Ribetnyaaa... untuk beberapa produk tertentu kamu gak tau apakah barang yang mereka tawarkan original atau enggak. So jangan terlalu tergiur harga murah ya kalo belanja disini. Pastikan dengan teliti kalo barang yang dijual seller adalah asli terutama untuk produk kosmetik, fashion, dan elektronik karena ini yang paling banyak palsuannya =.=" 

Gimana cara bedain yang palsu sama enggak? Biasanya sih harganya jauhhhh banget yah misal kosmetik yang kamu tau di toko harganya 400ribu disana dijual cuma 150ribu aja ya bisa dipastikan lah gak ori. Banyak seller gak nyantumin itu palsu atau ori dengan jujur tapi kalo ditanya mereka sih kebanyakan jawab "Ori sis" hehe... dan ada juga seller yang marah ditanya kek gitu hmmm okay :( Tips kedua adalah cermati komen" dari pembeli lain ya... karena dari komen pembeli biasanya kamu bisa gali info produk yang dijual apa berkualitas/engga apa ori/palsu. Memang agak ribet intinya kita harus jd pembeli yang smart dan jeli... yang gak mau ribet mending langsung beli di online shop terpercaya dengan harga yang lebih mahal atau di store langsung :)

3. Banyak banget barang yang dijual gak sesuai dengan gambar yang tertera di toko seller. Jadi ujung-ujungnya pas barangnya dateng keciwaaa... padahal gak semua kejadian kayak gini juga karena barang yang ditawarkan murah tapi ada juga yang harganya lumayan. Biasanya sih produk kayak gini ditemukan pada produk-produk fashion kayak baju, jaket, celana, tas, sepatu/sandal, dll. Jadi harus jeli sebelum beli ya.

4. Promo "Ongkir Gratis" gak berlaku setiap hari loh, melainkan dibatasi. Gak pernah ngitung tapi kalo gak salah dibatasi 3x pembelanjaan dalam sebulan. Kalau ongkir melewati batas yang disubsidi oleh Shopee (biasanya sih buat barang yang dikirim dari luar negeri atau dari luar P. Jawa) maka kamu tetap tetap harus menanggung biaya ongkir kekurangannya, tapi mayan loh jadi berkurang dikit hehehe...

5. Pernah mau beli barang murahhh banget, tapi ternyata ongkirnya lebih bahal dari harga barangnya. Diteliti ternyata barang PO import hehe pantesan ongkirnya bisa 2-3x harga barang... biasanya sih kalo begini kebanyakan dikirim dari luar negeri seperti Cina atau Korea. Jadi iddibaca dulu ya  pengiriman dari mana sebelum kamu beli.

6. Namanya seller juga manusia, kadang kalo lagi siwer pas pesen barang warna biru eh dikirim warna hijau. Makanya di kolom notes waktu beli tuliskan lagi aja warna/jenis barang yang kamu mau jadi biar lebih mantab hehe....

7. Untuk makanan dan kosmetik jangan segan untuk menanyakan expired date atau tanggal kadaluarsanya. Biasanya ada yang jual harga lebih murah bukan karena gak ori atau kw loh tapi karena tanggal kadaluarsanya sudah dekat.

8. Belum lama bulan November 2017 ini pas update app Shopee yang yang baru sering banget error alias tampilannya jadi gak beraturan terutama di fitur keranjang belanjaan dan pas mau checkout. Semoga bisa dibenahi ya sama pihak Shopee biar lebih nyaman belanjanya.

Oke begitulah kira-kira pengalaman belanja di Shopee yang bisa gue bagikan. Ada yang punya pengalaman beda belanja di Shopee yuk share di kolom komentar ya....

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

5 comments:

  1. tHANKS for info https://bit.ly/2Oqa0EZ

    ReplyDelete
  2. Refund uang belanja yang ter canceled seller lamaa bisa sampai semgg dana d tahan d shopee pdhl seller sdh tolak pembelian saya, entah apa maksud dana d tahan ga d kembali2 kan

    ReplyDelete
  3. Saya memohon bantuan kepada Saudara/i dengan meluangkan waktu sejenak untuk mengisi penelitian di bawah ini.

    Adapun kriteria pengisi kuisioner ini sebagai berikut:

    - Berusia 15 - 34 tahun

    - Pernah melakukan belanja online melalui platform seperti Tokopedia, dll.

    https://forms.gle/LPHAA8mHaRS3Cit17

    Atas bantuan dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih, jazaakumullah khoiron.

    ReplyDelete
  4. Shoppee aplikasi sekumpulan orang orang tai babi, & lebih berbahaya dari virus corona.. jgn percaya wlu pun program, & promony menggiurkan.. sbab pelaku2 shoopee hny sekumpulan virus penipu..
    contohny sy., bkn mslh uang, atw barangny.. tp lebih k,soal mempermalukan, & tertipuny itu..
    jelas2 sdh k,tahap kemas.. sdh lamany ga masuk akal, tdk da pemberitahuan lg.. tiba2 d,batalkan (sepihak).. klu kemungkinan terburuk kesalahan sister, seharusny pihak shoopee yg nanggung.. bkn costumer yg jd korban..
    aplikasi bangsat, susu lonte busuk, keparat..
    baru seharga Samsung galaxy m30s saja bermasalah atw menipu, pa lg ya lebih mahal dari itu.. dasar orang2 yg lebih najis dari anjing.. ga punya otak..
    klu bkn sy, trus d,kasuskan, pasti dah habis dasar aplikasi bajingan..

    ReplyDelete
  5. Lah saya apaan Coba udah brapa kali blanja di shopee baru kali ini udah lama"nunggu hampir 1minggu eh coba pas dateng cuman pelastiknya doang��tapi untungnya waktu itu saya bayar di tempat terus si abang cotemer nya baik jadi cuman di suruh Ngchat Kedia ngomong barang nya di batalin buat jadi bukti katanya terus duitnya di balikin lagi ke saya

    ReplyDelete

Wanna say something?