Anime: Orange (オレンジ)


"Di kamar aku meminum orange juice yang Kakeru belikan untukku sampai benar-benar habis. Rasanya manis dan asam... seperti rasa kesedihan." 
-Naho

Orange(オレンジ) diadaptasi dari manga Jepang karya Ichigo Takano dengan judul yang sama. Anime "Orange" berjumlah 13 episode dan tayang saat musim panas tahun 2016 lalu. Dulu gue pernah membaca manga nya, tapi enggak tau kalau "Orange" sudah diadaptasi jadi live action dan anime... jadi memang baru nonton sekarang ^^ Banyak penyuka anime yang bilang kalau "Orange" bagus banget, padahal biasanya kalau manga dibikin jadi anime kesannya jadi berbeda. Jadi gue penasaran dan memutuskan untuk menontonnya :)

Untuk cerita secara keseluruhan gak ada yang beda antara anime dan manga, cuma bagi gue ceritanya di anime secara visual jauh lebih bagus, emosi lebih dapet, adegannya dikemas sangat baik meski tentu enggak sedetail di manga, dan memiliki perfect ending :) Tapi sekali lagi setiap orang tentu punya taste yang beda-beda, jadi mungkin kesan yang gue dapat dengan penonton lain enggak sama yesss!

Anime bergenre "school" ini mengisahkan tentang persahabatan di masa sekolah. Kisah yang umum memang, tapi ketika udah menonton anime ini lo gak akan berpikir hal yang sama. Anime ini menceritakan persahabatan antara Naho Takamiya, Hiroto Suwa, Azusa Murasaka, Takako Chino, Saku Hagita, dan Kakeru Naruse saat masih sekolah di sebuah SMA di Matsumoto, Perfektur Nagano.


Awal cerita manga dan anime nya sedikit berbeda. Di anime adegan dibuka saat Naho, Suwa, Azu, Takako, dan Hagita telah berusia 26 tahun berkumpul bersama untuk membuka "time capsule" yang mereka kubur 10 tahun lalu saat masih berusia 16 tahun. Kalau di manga langsung dibuka dengan adegan Naho (16) yang terburu-buru akan berangkat sekolah dan untuk pertama kalinya menemukan surat yang pengirimnya ternyata dirinya sendiri dari masa depan, tepatnya Naho Takamiya yang berusia 26 tahun.

Naho mengira itu sekadar ulah lelucon seseorang dan langsung memasukkan surat tersebut ke dalam tas. Hingga saat jam pelajaran ia iseng membuka surat tersebut dan mulai membacanya. Betapa herannya saat membuka surat tersebut beberapa kejadian kebetulan yang telah dialaminya tadi pagi tertulis persis di dalam surat, seperti saat ia terlambat bangun pagi dan telat ke sekolah.

Di surat tertulis bahwa hari itu akan ada anak baru di kelasnya bernama Kakeru Naruse. Ia akan duduk persis disebelahnya. Tapi kesangsian Naho terhadap isi surat tersebut sirna saat isi surat itu kembali menjadi kenyataan. Di saat yang sama gurunya memperkenalkan seorang murid pindahan asal Tokyo yaitu Kakeru. Lagi-lagi kebetulan kembali terjadi... yupp si anak baru itu duduk persis di bangku sebelahnya. Sama persis seperti yang ditulis di dalam surat! Apakah kejadian itu cuma kebetulan (lagi)?

Isi surat tersebut mengharuskan Naho untuk mencegah hal-hal yang bakal ia sesali di masa depan yang dirasakan oleh sang pengirim surat tersebut. Apa hubungan Naho dengan Kakeru di masa depan? Apa tujuan sebenarnya Naho dari masa depan dengan mengirimkan surat tersebut? Dengan mengubah masa lalu apakah ia bisa menghapus penyesalan yang ia rasakan masa depan? Semuanya terjawab secara perlahan-lahan dan bahkan hampir di episode terakhir anime ini. Siap-siap tisu karena beberapa episode terakhir dijamin bikin mata hujan sesaat hehe...


Seperti biasa cerita dengan genre sekolahan, cerita ini diwarnai juga dengan romantisme cinta di sekolah, persahabatan, dan pertengkaran... Sebagian orang yang pernah menonton anime ini pasti bilang kalo di awal ceritanya agak-agak boring... ya gue juga merasakan hal yang sama sih tapi masih tetep enjoy kok nontonnya.

Untuk rating dari 1-10 gue kasih nilai 8 untuk anime ini. Anime "Orange" intinya ingin menyampaikan kepada kita untuk menjalani kehidupaan tanpa rasa penyesalan, karena saat kita menyadari begitu banyak penyesalan dalam hidup semua sudah terlambat. Waktu tidak dapat diputar kembali dan banyak hal yang tidak dapat diubah karena manusia tidak dapat mengubah takdir.

Ok, buat yang penasaran dengan anime ini, selamat menonton ya!!!

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?