Mie Ayam Bandar Lampung, Favorit Gue!


Kalau lo ke Lampung kayaknya kebanyakan jajanan di kota ini yang bisa lo coba kalo gak pempek, mie ayam ya bakso. Hmm... tapi memang harus diakui kalo pempek, mie ayam, dan bakso disini lebih enak daripada di Jakarta sih ;p

Nah, kali ini gue mau review tempat jajan mie ayam yang sempet gue cobain di kota Bandar Lampung. Pertama kali gue ke Mie Ayam Bandar Lampung ini enggak sengaja sebenernya. Kebetulan waktu itu abis nemenin saudara gue cari barang di seputaran Jl. Pangkal Pinang tempat resto mie ayam ini berada. Nah, mobil gue parkir di seberang persis Mie Ayam Bandar Lampung ini. Pas bener udah jam maksi eh di depan mata ada yang jual mie ayam... langsung aja gue colek saudara gue buat makan di sana.

Resto mie ayam ini menempati ruko jadul yang memang masih banyak ditemukan di sepanjang jalan ini. Tempatnya juga sederhana banget dengan bagian depan sebelah kanan untuk tempat meracik mie ayam dan sebelah kiri untuk meracik minuman. Selain mie ayam rupanya ada juga beberapa menu lainnya seperti mie goreng, nasi goreng, kwetiaw goreng, bakso sapi atau tahu, dan capcay.


Nih penampakan restonya seperti ini, meja-mejanya sederhana pakai bangku plastik. Tapi para pelayannya sigap loh, baru duduk si mbak nya langsung menanyakan pesanan gue. Langsung deh pesan karena emang udah laper mie goreng untuk saudara gue dan mie ayam 2 porsi pake bakso tahu. Terus mbak nya nanya lagi, "Mo satu porsi apa setengah porsi?" Gue bengong... hooo bisa setengah porsi tohhh... karena takut gak enak atau kebanyakan gue pesen yang setengan porsi deh dan pak supir gue pesen satu porsi. Tanpa pesan minum ternyata gak lama udah dateng teh panas tawar.

Dari meja tempat gue duduk, gue bisa liat pesanan mie gue dimasak dan diracik, terus langsung dibawa ke meja. Penampilan mie ayamnya pas tersaji di depan mata menggoda banget. Dan ternyata sodara-sodara feeling gue bener pesen setengah porsi, karena setengah porsi aja disajikan pake mangkok bakso itu loh haduhhh apa kabar yang pesen satu porsi? Gue lirik pak sopir yang duduk di meja belakang gue? Dia bilang, "Duh mbak ni satu porsi punya saya kok banyak bener ya?" Gue ma saudara gue langsung ketawa cekikikan ngeliat mangkok jumbo dihadapan si bapak. Sayang gak sempet gue foto untuk ukuran satu porsinya >.<


Mie ayamnya bener aja enak banget, kenyal. Mirip Mie Leker nih, sepertinya mie ini dibuat sendiri sama restonya alias homemade. Terus ayamnya gurih karena pake ayam kampung. Yang istimewa juga di resto ini yaitu sambalnya yang kayaknya juga diracik sendiri. Diaduk sama si mie ayam jadi bikin nagih. Oia, bakso tahunya juga juara gue suka banget, kuahnya juga gurih kaldunya berasa gak tawar kayak penjual mie ayam lain. Kalo lo suka acar, ada acar timun juga yang udah disediakan di masing-masing meja bersama sambal, saus tomat, kecap manis dan kecap asin.

Mie goreng pesenan saudara gue ternyata gak kalah menggodaaaa.... jadi pengen icip-icip juga jadinya. Sumpah isiannya banyakkkk dan melimpah mulai dari bakso ikan, ati ampela, ayam, dan telor yang diurak-arik. Ni mie goreng bisa dimakan buat berdua atau bertiga deh kalo porsi cewek dan  rasanya enak tenannn... apalagi setelah diaduk dengan sambal jadi manis-manis pedas!!! Terbukti meski porsi besar tapi ludessss semua gak bersisa, termasuk yang pesen satu porsi hahaha...

Untuk harganya memang agak mahal, karena memang porsinya gede kali ya dan mie ayamnya pake ayam kampung. Kalo gak salah mie ayamnya yang setengah porsi polos sekitar 27k dan pake bakso tahu sekitar 30k, kalau mie goreng 35k. Kalo gue gak salah inget yakkk soalnya gak pake nota-notaan! Gak cuma Mie Ayam Bandar Lampung kok yang mahal di kota Lampung ini rata-rata penjual mie ayam yang enak-enak dan udah terkenal di kota ini harganya sekitar 25k ke atas karena ya rata-rata pakai ayam kampung tadi.

Kalo kata saudara gue nih seinget dia ni resto dulu dikenal dengan nama Mie Awie dan dari dulu emang terkenal enak, gak tau juga yah kenapa sekarang berubah nama jadi Mie Ayam Bandar Lampung. Nahhh... kalo lo suka mie ayam bolehlah kapan-kapan dicobain kalo maen ke Lampung! Yang pasti mie ayam ini udah jadi salah satu makanan favorit gue.

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?