Review Belanja: Plus Minus Online Shop Yes24.co.id [CLOSED]

Hiiiii.... kalo lo baca tulisan-tulisan gue yang segabrek itu tentang review cd kpop... pastinya lo udah bisa nebak kalo gue termasuk orang yang demen banget belanja online... terutama buat belanja cd kpop, kosmetik, kadang juga baju dan sepatu.

Wokelah kalau begitu... sekarang nih gue pengen berbagi plus minus belanja di situs belanja Yes24. Hmm... pertama kali gue belanja di Yes24 ini sekitar tahun 2014. Yuppp cukup lama juga udah ampir 3 tahun... bisa dibilang gue udah pernah order sekitar 20 kali lebih di situs belanja Korea ini.

Yes24 ada situs lokalnya di beberapa negara selain di Korea sendiri, yaitu Vietnam dan Indonesia ini (Yes24.co.id). Yes24 yang berbasis di Seoul di Indonesia sendiri berada bawah naungan PT. Hansae Yes24 Indonesia. Apa Yes24 dan Yesasia sama? Beda, kalo Yesasia tuh merupakan situs belanja yang berbasis di Hong Kong... so cuma namanya aja yang mirip.


Oke kalo lo mau belanja di Yes24 pertama-tama lo harus daftar dulu seperti di olshop pada umumnya. Disini lo bisa daftar pakai email dan sekarang bahkan bisa login pakai LINE. Jadi kenapa gue suka belanja disini? Ini dia alesannya:

1. Kalo lo penggila produk Korea lo bisa mendapatkan produk dari Korea dengan harga yang sangat reasonable menurut gue dan berkualitas serta terjamin keasliannya. Selain itu, lo gak usah mikirin lagi tax dan ongkos shipping dari negeri Ginseng tersebut ke Indonesia yang kadang lebih mahal dari harga barangnya. Oh ya, kalo lo belanja min 300k (berlaku untuk produk sejenis misal kosmetik saja atau cd saja jadi bukan dihitung atas pembelian gabungan produk yang berbeda) bakal dapet free ongkir untuk daerah tertentu termasuk Jakarta.

2. Selama masih status PO untuk pembelian cd Kpop lo bakal dapet poster yang dateng dikemas pake tabung yang aman banget. Jadi untuk pengemasan gue kasih two thumbs up buat Yes24. Boleh dibilang berkat adanya Yes24 gue sukses mengucapkan selamat tinggal pada situs Yesasia yang dulu membantu gue mendapatkan cd Korea. Bahkan sekarang mereka juga menjual cd lagu lainnya seperti Japan ver dan juga ost, kdrama, dll.

3. Lo bisa dapetin sepatu dan fashion ala-ala Korea yang modelnya unik dan beda yang diimpor langsung dari sana. Untuk baju harganya emang rada mahal tapi kadang ada sale gila-gilaan juga dan untuk sepatu masih cukup terjangkau memang meski agak kebelakang harganya mulai rada mahal juga. Selain itu ada buku-buku import termasuk dari Korea juga yang lo bisa beli disini.

4. Buat pencinta kosmetik Korea seperti Etude, Tony Moly, Innisfree, dan bahkan kosmetik seperti NYX, Loreal, Wardah, dll bisa juga sekarang dibeli disini. Tapi lo harus perhatikan statusnya apakah PO (Preorder yang langsung dikirim dari Korea) atau Ready Stock. Hal itu berpengaruh pada lamanya pengiriman. Sayangnya belakangan ini kosmetik Korea yang tadinya mendominasi mulai sedikit nih dijual dibanding kosmetik lainnya... sayang banget padahal >.<

5. Kalo lo sudah isi norek Bank lo di "Profil" ini memudahkan saat pembayaran. Jadi kalo lo transfer via bank dan norek yang sama di profil saat melakukan pembayaran mereka akan melakukan verifikasi pembayaran otomatis jadi gak usah lapor lagi gan kalo udah bayar. Enak kan? Selain itu mereka juga menerima pembayaran memakai kartu kredit kok.

6. Ada "Yes Point" yaitu point yang lo dapatkan setiap pembelian produk apa aja. Point yang dapat tersebut kalau sudah mencapai jumlah tertentu bisa ditukarkan dalam bentuk Yes Money yang bisa jadi potongan harga setiap belanja di order berikutnya. Selain itu kalo belanjanya agak banyak misal diatas 500k biasanya mereka kasih voucher diskon sebesar 20rb untuk next order. Mayan menghemat loh :)

7. Ada "Konseling 1:1" yaitu CS yang membantu menjawab pertanyaan tentang produk yang mau lo pesan.

Nah, sekarang gue mau kasih tau minusnya belanja di Yes24 berdasarkan pengalaman gue belanja di olshop ini:

1. Hampir semua produk di situs Yes24 adalah produk import dari Korea. Jadi kalo lo mau belanja disini harus ekstra syabarrrr gan... soalnya makan waktu minimal 2-4 minggu sampe barang bakal dikirim ke rumah customer dan bahkan pernah sampe sebulan lebih. Yang harus diperhatikan untuk barang PO adalah tanggal tutup PO dan rilis cd nih... biasanya terhitung pengiriman dari tanggal tersebut ya. Jadi jangan panik duluan ya kalo barangnya gak sampe-sampe. Barang yang cepet dikirim cuma barang yang berstatus READY STOCK aja. Jadi kalo lo tergolong orang yang gak bisa ekstra sabar gue sarankan untuk gak mencoba belanja disini :)

2. Untuk pembelian baju dan sepatu nih harus hati-hati, gak cuma disini sih sebenarnya tapi di situs olshop lainnya. Karena baju dan sepatu import ukurannya berbeda dari di Indonesia. Meski mereka sudah memberikan table size gitu untuk ukuran tetap aja kadang ukurannya meleset hehehe... jadi mendingan konseling 1:1 dulu kali ya biar gak nyesel belinya kekecilan atau kebesaran.

3. Kadang saat pesan barang mereka gak update soal stock yang tiba-tiba ternyata udah sold out. Gue pernah kejadian sih beberapa kali dan mereka biasanya refund. Biasanya uang direfund 3 hari dari saat lo request buat refund tapi pernah sekali kejadian udah 2 minggu uang gue lom di-refund sehingga gue harus kontak CS Yes24 lagi dan beberapa hari kemudian uang refund langsung ditransfer ke rekening gue.

4. Yes Point hanya bisa ditukar saat lo akses situs olshop tersebut melalui komputer. Jadi kalau akses pake HP gak bakalan deh bisa tuker point. Selain itu, kadang bisa kadang enggak nih tuker pointnya apalagi kalau berupa voucher sering invalid mulu. Kadang sih gue minta bantuan CS buat masukin nomor vouchernya ke acc gue cuma kan lama-lama malessss....

5. Akhir-akhir ini yang membuat gue agak kesel adalah sering ada dan gak adanya notif email yang memberitahukan kalau pesanan atau order gue sudah mereka terima. Notif email konfirmasi pembayaran juga sekarang sering absen sehingga gue harus cek di "My Page" untuk status pesanan gue. Semoga bisa diperbaiki.... biar customer lebih nyaman pastinya.

6. Yang terakhir beberapa produk Korea seperti kosmetik dan sepatu makin dikit dan digantikan oleh produk lokal dan produk non-Korea. Padahal Yes24 identik dengan produk dari Korea jadi kalo produk Korea nya nambah dikit jadi aneh menurut gue.

Yeppp... itu aja sih plus minus belanja disini. Tentunya pengalaman belanja tiap orang beda-beda, jadi kalo lo juga punya pengalaman belanja baik menyenangkan atau gak menyenangkan di situs ini silahkan dibagi di kolom comment yesss....!!!!

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

11 comments:

  1. Cara konseling 1:1 tu gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi @Novianie sorry baru baca nih komennya... utk konseling produk 1:1 dengan CS kamu harus daftar jd member dulu. Jadi setelah login di bagian atas ada "PUSAT PELANGGAN" nah setelah klik bakal ada opsi untuk konseling 1:1 tinggal isi form nya deh dan akan segera dibalas oleh CS Yes24 :) semoga membantu ya

      Delete
  2. mau nanya kak cara ngehubungin cs nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi @Sepsa Sari kamu bisa hubungi CS di : help@yes24.co.id atau di telp 021-29021714 semoga membantu :)

      Delete
  3. Cara tahu kalo pembayaran udah di konfirmasikalo udah gimana ya? Tulisannya udah konfirmasi pembayaran udah ilang tapi pengiriman masih kosong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak pakai login akun 😞

      Delete
    2. Wah bs ga login ya? Menurutmu enakan login apa ga?

      Delete
  4. Hallo kak, kalo belanja disitu udah free tax ems dan tektek bengeknya kan ya? Jadi kita tinggal bayar yang 9.000nya aja?

    ReplyDelete
  5. Kak, kalo tf make setor tunai gapapa kan ya?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kak,aku kan mau beli album, terus pas mau dimasukin ke troli eh katanya pilih warna atau varian tapi disitu ga ada kak tempat milihnya jadi ga bisa deh dimasukin ke troli, itu gimana ya kak caranya?

    ReplyDelete

Wanna say something?