My 3rd Coffee Cupping @ Anomali


Meskipun bukan penggila kopi tetapi gue selalu tertarik segala hal mengenai kopi. Bisa dibilang inilah ketiga kalinya gue mengikuti Coffee Tasting or Coffee Cupping. Asik, seru... dan pastinya tambah pengalaman dan temen.

Pertama kali gue ikut sekitar tahun 2008 lalu - sama di Anomali juga - dengan tema 100% Coffee Indonesia dengan penyelenggara detikfood dan Anomali. Kedua kalinya di Shy Papilon dengan penyelenggara Camus Coffee dan yang ketiga baru berlangsung sore tadi di outlet kedua dan terbaru Anomali di Setiabudi One, yaitu 'Indonesian Coffee Tasting'.

Yang terakhir ini memang gak begitu detail seperti Coffee Cupping kedua sebelumnya. Dimana kita bener-bener disuruh tasting dengan disediakan cup porselain (wajib ada), teaspoon (untuk menghirup-hirup kopinya), katel air berisi air panas, dan kopi yang akan di tasting itu sendiri.

Acara kali ini lebih banyak seputar kopi itu sendiri, proses roasting dan brewing dengan berbagai jenis alat penyeduh kopi dari berbagai negara, dan lain-lain. Mungkin ini lebih untuk yang ke profesional dimana mereka mau bernisnis. Ada 3 pembicara disini yaitu Mas Agam dan Mas Irfan (keduanya sekaligus owner Anomali) dan Mas Adi W Taroepratjeka yang udah gak asing di dunia kopi.

Disini gue juga belajar cara mengetahui Crack pertama, cara mencari biji kopi yang 'cacat'. Serta menebak tiga jenis kopi yang sudah disediakan panitia dengan lebel A,B, dan C. Hebatnya ouy yang berhasil menebak dengan benar kebanyakan para wanita. Menurut Mas Adi karena wanita biasa bekerja di dapur dan berhubungan dengan banyak bumbu rempah sehingga hidungnya lebih tajam. Hmm... mungkin juga yah?


Di sesi akhir para peserta juga boleh memilih segelas kopi yang didampingi kue-kue tradisional. Cuma berhubung acaranya lama (lebih 3 jam) jadi perut gue gak nampol hehe... Jadi abis dari sana cabs deh makan lagi di restoran laen. Berhubung ketiga cowo penggila kopi itu super ramah acara ngobrol-ngobrol masih tuetep lanjut..........

Bahkan ada yang sampe ke 'dapur' anomali ikutan belajar buat kopi dengan para barista di sana. Wuedewww.... hal ini juga terjadi pada dua tahun lalu dimana para peserta yang masih tinggal boleh belajar latte art ^^ baeknyaaaaa....!!!

Berhubung Anomali yang satu ini gak jauh dari kawasan perkantoran kayaknya gue bisa sering-sering mampir nih. Memang sih kalo soal makanannya kok kayaknya masih enak yang di Anomali Senopati yah? Tapi buat tempatnya sama asyiknya kok suasananya cozy banget. O ya, kalo kamu penyuka kopi kalo kesini pasti bisa sering-sering ketemu para penggila kopi lainnya kaya Mas Adi  ato Mas Toni Wahid ^^

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?