Bikin Cokelat @ Chocolate School by Tulip


Cooking School by Tulip rasanya emang pantes bagi mereka yang pengen berkarir sebagai seorang Chocolatier atau yang ingin usaha cokelat serius. Kalo yang kaya gue gak penting-penting amat sih cuma sekedar have fun rasanya emang sayang banget ngeluarin uang 1 juta untuk kursus ini ;p

Tulip Cokelat merupakan produsen cokelat (PT Freyabadi Indotama) yang cukup beken di Indonesia. Gak heran kalau akhirnya mereka sekarang serius buat chocolate school yang berlokasi di Bellezza Shopping Arcade lantai 3 (persis depan ITC Permata Hijau).

Gak tanggung-tanggung mereka menyediakan 'kitchen classroom' plus dengan beragam peralatan profesional. Kalo ikut kursus sudah dapet peralatan standar untuk membuat cokelat yang keren abis. Perlengkapannya juga gak tanggung-tangguh semua memakai peralatan canggih dan cetakan cokelat akrilik yang cuma gue liat di dapur-dapur pastry kelas hotel berbintang.

Di bagian depan perlengkapan pembuat cokelat ini juga dijual meski dengan harga yang cukup mahal. Tapi bagi para profesional harga tersebut pastinya bukan masalah. Para pengajarnya juga ada yang impor langsung dari Belgia dan pengajar profesional lainnya.

Selain kursus satu hari ada juga yang kursus sampe 3 hari. Kalo kursus tiga hari ini peserta diliatin mulai dari perkebunan cokelat, pabrik cokelat, sampe teori-teori dasar mengenai cokelat, pewarnaan, tempering, sampe penggunaan peralatan serta standar keselamatan kerja. Wuih komplit gak tuh? Cuma harga yang ditawarkan juga cukup mahal 1juta - 3 juta :D weewwww

Pertama-tama siswa diberikan persentasi seputar cokelat terus baru deh teori-teori dasarnya. Buah cokelat, biji cokelat, biji saat buah cokalet mengalami crack (kaya kopi yah ada istilah crack juga) sampe sejarah cokelat dibahasa tuntas dalam sesi ini. Terus baru deh gue dkk diajak untuk 'bermain' dengan cokelat.

Proses tempering disini sedikit berbeda saat waktu gue ikut kursus cokelat di tempat lain. Tetapi intinya sih emang secara keseluruhan sama dan alat-alatnya juga sama meja marmer/marbel dan alat seperti untuk buat teppanyaki gitu. Tempering proses yang agak melelahkan tetapi penting banget untuk menghasilkan cokelat yang bagus dan mengkilap.

Yang ngajar kali itu adalah Chef Andy dari Belgia. Orangnya lucu dan ramah... peserta laennya juga asik-asik. Kita diajarin cara membuat cokelat praline dengan filling wah ternyata gampang-gampang susah yang pasti tangan sampe belepotan cokelat. Terus ada juga cokelat dengan model-model seperti kelinci, mobil, dan menara eifel. Nah yang di samping ini hasil karya gue dan temen gue. Wah, udah kayak yang dijual di toko ya? hahahhaa ^^ besok buka lapak deh.

Buat yang pengen ikutan kursus di Chocolate School by Tulip atau sekedar tanya-tanya dulu bisa dateng ke  Bellezza Shopping Arcade lantai 3 (persis depan ITC Permata Hijau), Telp: 021-70502668. Ternyata cokelat gak asyik pas dimakan doang, tapi ngebuatnya juga seruwwww abis ^^

Oh ya, di Interfood 2010 Jakarta International Expo Kemayoran tanggal 28&29 Tulip juga menggelar cooking class dengan harga spesial 250rb aja. Buat yang minat liat infonya DISINI.

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?