Pempek Mawar 55 @ Lampung


Kalo enggak sempet nyicipin pempek aslinya di Palembang sana ke Lampung aja. Di sana rasa pempeknya sudah cukup istimewa gak kalah dengan di Palembang. Pastinya beda dengan pempek yang ada di Jakarta yang menurut gue kebanyakan abal-abalan, pempek a la Sumatera rasanya emang tuetep lebih dahsyat!!!!!

Di Lampung salah satu daerah penjual pempek yang cukup terkenal ada di Kupang. Disini sepanjang jalan berderet-deret para penjual pempek, mulai dari Pempek 55, Pempek 91, Pempek 88, Pempek 51 de el el. Gue juga heran kenapa ya rata-rata penjual pempek pake nomer? Kalo di Jakarta kan yang beken pake nama yang punya kayak Pempek Appy, Pempek Raden hehe...

Salah satu penjual pempek favorit gue di Kupang ini adalah Pempek 55. Menurut orang-orang disana penjual pempek ini termasuk 'baru' dibanding penjual pempek lainnya yang udah lebih lama ada. Yang istimewa di sini ada pempek pastel yang isi serutan kates (pepaya muda) dan pempek isi ebi.

Cuko-nya dahsyat warnanya cokelat nyaris kehitaman dengan rasa pedes yang nampol abis. Kalo gak suka pedes hehe... siap-siap bawa minum aer galon yang banyak. Gak kaya di Jakarta cuko dan sambalnya dipisah, disini sambal sudah menyatu dengan cuko. Bahkan disediakan sambal ekstra dalam wadah terpisah buat yang merasa pedesnya kurang nampol ^^ Namanya aja lidah orang Sumatera gak berasa kalo gak puedessss.....


Sayang disini gak ada Es Sanghai yaitu minuman khas yang biasa jadi teman menikmati pempek di kota Lampung ini. Es Sanghai ini mirip dengan es campur bedanya dikasih buah-buahan seperti lechy, anggur kalengan, dan kacang merah juga. Meski gak ada Es Sanghai, gue cukup terhibur dengan memesan Es Kacang Merah yang di kota asalnya Palembang emang jadi pasangan jiwa si pempek.

Selain pempek lenjer, pempek kecil-kecil seperti yang bulet isi telur, pempek pistel (isi pepaya), pempek isi ebi, adaan, pempek panggang, ada juga Tekwan, Model, Kapal Selem, sampe Lenggang. Wuihh komplet kan? Yang kecil-kecil dihargai Rp 2500 kecuali yang panggang Rp 3000,00. Terus ada juga yang menu paket buat dibawa pulang dengan isi campur-campur mulai dari harga Rp 50.000 - Rp 150.000,00 dengan beragam isi.

Kalo ke Lampung lagi gue pasti bakal mampir makan pempek ini lagi............


Pempek 55 Mawar
Jl. Batu Bara No.55 Kupang Teba
Bandar Lampung
Telepon: +62 721 474966 / 473427

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.