Museum Mungil di Balkon Gereja Katedral


Seumur-umur tinggal di Jakarta, terus terang gue baru tau kalau di dalam bangunan Gereja Katedral yang bersebrangan dengan Masjid Istiqlal itu ada sebuah museum ^o^ hohoho.... sampai akhirnya gue berkesempatan berkunjung ke sana. Kebetulan hari Sabtu itu ada acara khusus sehingga museum dibuka untuk umum, kalau biasanya museum ini cuma dibuka hari Senin, Rabu, dan Jumat aja.

Gue dateng sore-sore pas gereja sudah mulai sepi dan kebetulan ada yang habis merit juga hehehe... Kalo enggak sama temen gue, gue gak bakal tau kalau pintu masuk museum itu cuma sebuah pintu mungil. Jadi begitu masuk gereja langsung belok kiri, ada pintu kecil dan tangga. Nah, naik deh ke tangga itu... di ujung tangga itulah si museum mungil Katedral berada.


Beberapa ibu-ibu yang jaga mungkin tau kalau gue dan temen gue baru pertama kali ke sana. Tapi kita berdua disambut dengan ramah banget hehe... bahkan sempet ditemenin muter-muter dan dijelasin sedikit mengenai barang-barang di museum. Setelahnya gue lebih banyak foto dan muter-muter museum.

Sebenarnya lokasi museum ini di balkon yang dulu digunakan untuk koor gereja. Jadi gak heran kalau dari atas museum kita bisa melihat pemandangan ke lantai bawah.  Pemandangan disini keren banget dan gue gak bisa menahan diri untuk motret ;p


Meski tergolong mungil tapi barang-barang yang ada di museum yang dibangun pada tahun 1891 ini cukup terawat. Meskipun di sisi area yang bersebrangan sedikit lebih gelap dan pengap. Mungkin karena sinar matahari enggak cukup menerangi. Konon ada 400 barang di museum ini yang merupakan koleksi milik pastoran Katedral Jakarta dan juga hasil sumbangan.

Koleksi museum ini terdiri dari  jubah, topi dan kasula ( lapisan terluar busana yang dikenakan rohaniwan Katolik),  Tongkat Paus Paulus VI, Piala Paus Yohanes Paulus II, alat musik, buku, dll. Yang membuat gue terpesona juga arsitektur bangunan Neo Gotik yang indah. 


Btw gue memang sangat seneng dengan arsitektur bangunan jaman dulu hehehe.... Setelah puas muter-muter, gue dan temen gue gak melewatkan kesempetan untuk foto-foto di bagian luar gereja termasuk mengelilingi bangunan gereja. 

Sayang niat untuk ke Masjid Istiqlal kandas karena udah kesorean banget dan perut laper >.< mudah-mudahan next time bisa mengunjungi tempat menarik lainnya di Jakarta~~

Museum Gereja Katedral
Jl. Katedral 7B, Jakarta Pusat
Telp: +62 21 3519 186
Jam buka: Senin, Rabu, Jumat, (10.00-12.00 WIB)

Masuk Gratis

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.