KPop: Ulala Session (울랄라세션) ~ A Dream Comes True

Biasanya gue enggak begitu peduli dengan ajang pencarian bakat yang banyak digelar di sejumlah televisi Korea. Yang di Indonesia aja gue gak pernah nonton hihihi.... tapi suatu hari perhatian gue tersita sewaktu enggak sengaja melihat penampilan sebuah grup musik yang diberi nama Ulala Session (울랄라세션) atau Ooh La La Session.

Nama grup musik ini sekilas seperti main-main dan gak serius. Tampang para personilnya pun tergolong ahjussi, tapi setelah menyaksikan kemampuan dan bakat mereka di Superstar K3 (2011) gue langsung seketika berubah pikiran. Meski baru mendengar mereka menyanyikan beberapa lagu gue berani bilang mereka dapat disejajarkan dengan grup musik sekaliber 4Men, December, dll. Ya, kemampuan empat orang ini memang luar biasa terutama untuk nada-nada tinggi.

Sebenarnya sudah lama gue pengen nulis tentang Ulala Session~ tapi selalu aja ah nanti aja deh... besok aja deh. Tapi membaca sang leader sekarang dalam kondisi yang sudah tak memungkinkan untuk tampil gue jadi pengen menulis sepenggal cerita tentang Ulala Session yang sedikit banyak merubah dunia kecil gue ^^


Siapa sebenarnya Ulala Session? Ya, meski mereka mungkin baru dikenal saat muncul di acara Superstar K3 ~ tapi ternyata Ulala Session bukanlah grup musik baru. Mereka sudah ada sejak 15 tahun lalu, bernasib sama dengan ratusan grup musik lainnya yang hingga kini masih berjuang untuk bisa tampil ke permukaan dan ingin dikenal dunia.

Ulala Session sebenarnya terdiri dari 5 personil : Im Yoon Taek - 임윤택 (leader), Kim Myung Hoon (김명훈), Park Kwang Sun (박광선), Gun Jo (alias Lee Young Jin / 이영진 ) dan Park Seung Il (박승일). Meski saat mengikuti K3 salah satu personilnya Gun Jo karena alasan pribadi tidak bisa ikut akhirnya mereka aktif hanya berempat.


Meskipun berat untuk dikenal, sang leader Yoon Taek yang divonis kanker perut seolah tidak menyerah pada mimpinya. Ulala Session pun terus berjuang hingga mendapat pengakuan dari pencinta musik.

Dalam perjalanan karirnya sebenarnya beberapa kesempatan datang tapi berkali-kali mereka tolak. Pasalnya tidak semua manajemen ingin mengorbitkan mereka secara grup. Sehingga mereka menolak jika tidak diorbitkan bersama-sama. Mereka menyebut dirinya sombong~ tapi mungkin itulah persahabatan. Hingga akhirnya di kemudian hari mereka membuat manajemen sendiri dengan nama Ulala Company.

Secerah harapan akhirnya datang setelah mereka berhasil menaklukkan Superstar K3. Jalan yang mulai terbuka itu pula yang membawa Ulala Session ke ajang MNet Asia Music Awards 2011. Penonton pun dibuat terpesona oleh para ahjussi ini hehehe ^^

Meski karir mereka melejit secara cepat, tapi para personil Ulala Session tetap rendah hati dan kompak. Mereka tidak mencari popularitas dengan banyak manggung karena memperhatikan kondisi Yoon Taek yang memang tidak bisa terlalu lelah.

Setelah perlahan memanjat kesuksesan, persahabatan mereka rupanya masih diuji dalam banyak hal. Penyakit sang leder makin memburuk, uang hadiah sebesar KRW 500 juta dari 'Superstar K3' pun ikut digunakan untuk biaya pengobatan Yoon Taek. Selain itu Gwang Sun juga rela membotaki rambutnya agar Yoon Taek tidak merasa sendirian karena rambutnya yang perlahan rontok akibat kemoterapi. Salut untuk persahabatan para personil Ulala Session ^__^


Seperti yang gue kutip dari Mnet, Gun Jo mengatakan bahwa menjadi pemenang bukanlah target dari Ulala Session terutama bagi Yoon Taek. Mengingat penyakitnya yang semakin parah ia hanya berharap dapat menyanyi dan menghibur penonton dan melakukan yang terbaik hingga akhir. Meski tidak ikut serta Gun Jo pun selalu mendorong dan memberi semangat keempat temanya hingga akhirnya mereka benar-benar dapat membuat keajaiban dengan menyingkirkan para peserta muda dan berbakat lainnya.

Ulala Session memang serba bisa, mereka menyanyikan acapella, ballad, sampe rege. Gaya spontan dan apa adanya membuat bakat alami mereka makin terlihat. Selain itu interaksi mereka terhadap penonton sangat baik sehingga dengan cepat Ulala Session memiliki penggemarnya sendiri. Buat gue Ulala Session merupakan salah satu grup yang menyanyi dari hati :)

Pada 18.5.2012 lalu Ulala Session pun merilis mini album pertama mereka Ulala Sensation yang berisikan 7 track lagu. Salah satu lagunya adalah "I Am Happy" yang mereka nyanyikan dalam K3. Konon album pertama mereka tersebut diproduseri oleh Psy dan Yoo Kun Hyung. Sedangkan lagu Beautiful Night untuk MV-nya dibuat kocak banget ^^ hehehe....


Beberapa lagu yang pernah dinyanyikan oleh Ulala Session yang sangat gue suka adalah Western Sky yang aslinya dinyanyiin sama Lee Seung Chul~~ terus lagu Goodbye Day yang menjadi OST Bridal Mask (Gaksital). Sedangkan Nothing Left sangat menyentuh meski MV-nya sangat sederhana.


Dan akhirnya kemarin 4.9.2012 Ulala Session berhasil mewujudkan impian mereka~ antara senang dan juga sedih karena sang leader enggak bisa ikut berdiri di panggung pertama konser solo Ulala Session. Namun seperti yang gue baca di soompi. Yoon Taek menyempatkan datang diantar oleh ambulans dan menikmati konser di belakang panggung.


Ia bahkan berhasil berdiri dan menyanyikan sebuah lagu A Goose's Dream yang sangat menyentuh para penonton termasuk para personil lainnya di Busan. Setelah itu Ulala Session masih memiliki jadwal konser di 4 kota lainnya yaitu 16 Sept di Gwangju, 23 Sept di Daejeon, 25 Sept di Seoul, dan terakhir 6 Okt di Daegu.

Ulala Session merupakan salah satu contoh grup musik Korea yang engga menyerah dengan mimpi mereka dan kini berhasil mewujudkannya. They~ taught me to never stop dreaming !!!






All pics credit: www.ulalafamily.com

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.