Yok, Nyate Batibul di Warung Tegal !!!


RM Warung Tegal tergolong penghuni lama di Tanjung Duren. Letaknya sederetan dengan Pisgor Madu Bu Nanik. Bagian depannya sekarang ada banner besar yang sudah diganti baru sehingga lebih kinclong dan eye catching pastinya.

Karena sering dateng gue udah hapal dengan wajah-wajah pemiliknya yang merupakan pasangan suami istri. Si enci doyang banget ngomong beda sama si engkoh suaminya. Gara" itu RM makan ini jadi rame banget hahaha... apalagi kalo sudah dateng serombongan ibu" duhh.... tapi suasana kaya gitu emang jarang gue dapetin di tempat makan laen.

Mungkin karena si pemilik juga asli orang Jawa Timur makanya makanannya uenak" seperti rasa aslinya. Kalau ngomong juga logat Jawa Timurannya kental banget dan sering bercampur dengan bahasa Jawa.

Makanannya khas Jawa Timur yang ditawarkan mulai dari nasi langi, tahu pletok, rawon, nasi bogana, lontong cap gomeh, ayam goreng lalapan, dll. Tapi yang jadi andalan adalah Sate Batibul khas Tegal. O ya, yang dimaksud Sate batibul adalah sate yang menggunakan kambing umur dibawah tiga bulan sehingga dagingnya super empuk dan serasa meleleh di mulut. Biasanya seporsi sate isinya 10 tusuk, tapi boleh juga rikues 5 tusuk atau lebih.


Satenya berselang-seling dengan lemak kambing yang putih. Mungkin itulah yang membuat sate ini serasa melting di lidah, apalagi pas dimakan panas" sesaat setelah disodorkan ke meja. Pendamping sate ini ada kecap manis plus irisan tomat dan bawang merah.

Karena memakai daging kambing muda, sate ini dijamin bebas bau prengus. Jadi kalau yang gak suka bau kambing pastinya cocok makan sate batibul. O ya, satenya memakai bumbu kecap dari Tegal sehingga rasa kecapnya khas dan beda dari yang lain. Kemudian dikasih irisan rawit, tomat ijo, bawang merah nyam nyam... makin uenak tenan!

Kalau datang ke sini pesanan tetap gue selalu sate batibul dan pecak udang. Nah, kalo si pecak udang disajikan dalam wadah tanah liat dialas daun pisang. Udangnya cukup gede loh dan digoreng hingga garing kecoklatan lalu dikasih sambal terasi dadak diatasnya. Woww... dimakan pake nasi putih anget aja udah maknyoss!


Untuk minumannya mereka memakai teh poci termasuk untuk teh manisnya. Waktu beberapa hari lalu berkunjung ke Warung Tegal sepertinya harga-harganya sudah pada naek meski masih terjangkau kantong. Sate Batibulnya (10 tusuk) 30K, Pecak Udang  17.5K, dan Tahu Pletok (isi 5bh) 12.5K.

Tapi rumah makan ini agak aneh, kayaknya si pemilik gak butuh duit ato memang cuma sekedar hobi menjalankan bisnis ini. Soalnya jam buka RM dan jam tutupnya gak pernah konsisten, makanya gue bilang suka" hehe. Pas lagi pengen banget kesana ehh... ternyata tutup. Jadi ya kalo mampir daripada keciwa mendingan telpon dulu deh ^^

Warung Tegal
Jl. Tanjung Duren Raya 69C
Jakarta Barat
Telp: 021-5674250
HP: 0818289998

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.