Kedai Kopi dari Jalan Killiney Road, Singapore


Sudah lama enggak berkunjung ke Killiney. Pertama kali mampir ke kopitiam ini tahun 2010 lalu waktu Killiney baru-baru dibuka di Central Park Mall. Kebetulan beberapa hari lalu janjian ketemu sama temen lama, karena sebelumnya sudah makan jadilah kita cari tempat buat minum-minum dan ngemil aja.

Pas muter-muter jadi teringat sama si Killiney ini cusss deh kesana hehe... Kebetulan temen gue juga belum pernah mampir ke Killiney. Langsung kebayang teh tariknya yang berbuih slurppp... sedap nian!!!!

Killiney merupakan salah satu kedai kopitiam tertua yang ada. Kalo mampir ke sana perhatiin deh buku menunya pasti dibawah nama restoran akan ada tulisan "Since 1919". Tulisan itu bukan sekedar embel-embel belaka karena kopitiam tersebut memang sudah berdiri lebih dari 90 tahun silam.


Pertama kali berdiri kopitiam ini berada di jalan yang sama dengan namanya yaitu Killiney Road, Singapore. Saat itu ada seorang pelanggan bernama Mr. Woon yang tergila-gila dengan minuman di kopitiam tersebut dan bahkan bermaksud memilikinya. Akhirnya di tahun 1993 ia pun berhasil mewujudkan impiannya dengan mengambil alih kopitiam tersebut dan mengubah namanya menjadi 'Killiney Kopitiam'.

Setelahnya kepopuleran 'Killiney Kopitiam' tidak hanya di Singapura saja tetapi meluas sampai ke Malaysia dan kemudian Indonesia. Kalo di Indonesia sendiri Killiney awalnya muncul di Medan dulu baru kemudian masuk ke Jakarta awal tahun 2010. Yang jadi andalannya kopi tarik, teh tarik, french toast, dan home made kaya toast.

Seperti biasa pesenan gue tuetep Teh Tarik dan kali ini Wheat Butter Sugar Toast. Karena dapurnya semi open kitchen jadi kita bisa ngeliat proses tarik-menarik teh ini yang memakai teko bercorong panjang. Alhasil teh tarik disajikan dengan buih yang melimpah sampai melewati bibir gelas. Ini baru teh tarik ^^


Keunikan toast disini dipanggang memakai teknik charcoal-grilled alias pake areng. Pas dateng rotinya ditaruh diatas piring dengan bentuk segi tiga. Toast ini kayak roti jadoel hehe... karena isinnya gula pasir yang manis bercampur gurih-gurih butter dengan sensasi krenyes roti yang garing di luar. Gak kerasa minuman belum abis tapi rotinya dah tinggal piring doang hehehe....

Untungnya suasananya juga enak, ditata model jaman doeloe dengan sentuhan kayu dan meja marmer. Kayak jaman peranakan dengan termos-termos jadoel dan polesan semen. Khas kopitiam deh pokoknya :) Dibandingkan dulu sekarang harganya memang sudah pada naek tapi tetep terjangkau kok. Untuk teh tarik  sekitar 20K dan toast 15K.

Kemarin temen gue *nyolek di whatsapp, "Kapan ke Killiney lagi?" Wah, rupanya ada yang ketagihan nih hehehe... ^_^

Killiney Kopitiam
Central Park Mall, LG Floor
Jl. Let. Jend. S Parman Kav. 28
Jakarta Barat
Telp. 021-56985313

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.