Anime: Eve No Jikan ~ Time of Eve


Eve no Jikan alias Time of Eve merupakan salah satu film animasi favorit gue. Sebenarnya karya Yasuhiro Yoshiura (2008) ini berasal dari ide yang cukup sederhana. Dimana menceritakan tentang masa depan yaitu saat teknologi andorid diandalkan dalam hal ini Jepang untuk membantu kehidupan umat manusia.

Diceritakan di Jepang kala itu Android yang awalnya berupa robot lama kelamaan dibuat nyaris seperti manusia, termasuk memiliki kebiasaan seperti manusia biasa. Untuk membedakan antara manusia dan android tersebut, di kepala android ada sebuah lingkaran merah yang berputar. Android-android ini dipergunakan manusia untuk menjadi pengasuh, pembantu rumah tangga, dan masih banyak lainnya.


Dalam film tersebut dikisahkan Rikuo Sakisaka seorang siswa sekolah menengah memiliki android bernama Sammy. Suatu pagi ia mengecek aktivitas Sammy seperti biasa, tapi kali itu ia melihat sebuah keanehan. Pada data history GPS milik Sammy, selain kegiatan sehari-hari seperti pergi ke supermarket, memasak, membuat kopi - kali ini terdapat tulisan 'Are You Enjoying Time of Eve?'

Itu sebuah keanehan yang tidak biasa untuk sebuah android. Apa sebenarnya yang dilakukan Sammy? Rasa penasaran akhirnya membuat Rikuo memutuskan untuk melacak apa yang sebenarnya dilakukan Sammy saat ia pergi ke sekolah. Bersama dengan sobatnya Masaki, penyelidikan membawa keduanya ke sebuah pintu misterius.

Awalnya mereka enggan masuk, namun saat seorang android masuk ke dalam mereka pun memberanikan diri untuk membuka pintu. Saat melangkah masuk, kehidupan Rikuo dan Misaki pun tak lagi sama.

Saat dunia luar membedakan antara manusia dan android, di cafe ini ada aturan khusus. Dimana manusia dan andorid memiliki hak yang sama dan harus saling menghargai. Oleh karena itu di dalam cafe para pengunjung andriod boleh memadamkan lingkaran merah diatas kepala mereka, sehingga pelanggan cafe satu sama lain tidak bisa membedakan manakah manusia atau andriod.

Pengunjung cafe sendiri terdiri dari beberapa karakter unik, seperti sepasang kekasih yang selalu datang berdua (Koji dan Rina), seorang anak kecil (Chie) dan seorang kakek (Shimei), seorang pria penyendiri yang selalu asyik membaca (Setoro), dan seorang gadis kecil (Akiko) yang ceria serta Sammy. Sang pemilik sendiri - Nagi - disini diceritakan cukup misterius dan baru terungkap identitasnya saat ending. Meski begitu gue tetep bingung gak nangkep maksudnya haha ^^ tapi kalo bukan gitu bukan film Jepang namanya.

Lewat cafe ini pula nantinya rasa empati Rikuo dan Masaki terhadap android tumbuh, termasuk persahabatan terhadap para pengunjung reguler cafe tersebut yang membantu mereka melewati masalah mereka sendiri.

Pertama kali melihat Cafe yang ada di film ini, sumpah gue jadi bermimpi pengen punya sebuah cafe persis seperti ini. Semoga (: Oh ya, gue juga suka banget sama soundtrack-nya yang dibawain sama Kalafina - trio dari Jepang yang punya suara keren banget. O ya film ini juga ada movie-nya dan blue ray dvd nya baru dirilis tahun 2011 ini. Official web Eve no Jikan: http://timeofeve.com/e/


I Have a Dream (OST Eve's Time) - Kalafina

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.