Kpop: Phantom (팬텀) ~ I'm Burning Down My Girl


Phantom (팬텀) memang sempat mengalami pasang surut di industri musik Kpop mulai dari menuai kritikan hingga akhirnya kini trio hip hop ini mendapat pengakuan di dunia musik. Bukti pengakuan itu berupa dirilisnya mini album pertama Phantom (팬텀) yaitu Phantom City. Huhuhu.... gue setuju banget karena Shanchez, Kiggen, dan Hanhae memang pantas mendapatkannya ^o^

MV dari lagu pertama mereka 19 Songs memang sempat menimbulkan kontoversi sehingga di banned oleh MOGEF. Tapi akhirnya semakin lama pendengar musik kpop pun menyadari bahwa trio ini bukan memanfaatkan kontroversi tersebut sebagai ajang untuk mencuri popularitas semata tetapi memang karena bakat mereka yang tak terbendung.

Meski tergolong singkat dengan masa debut sekitar setahunan, trio bentukan komposer dan produser bertangan dingin Kim Do-Hoon yang juga pendiri WA Entertainment ini berhasil menyita perhatian pencinta kpop ditengah derasnya arus boyband dan girlband.

Dan kalau menurut gue pribadi hal ini juga enggak lepas dari usaha Shancez salah satu personilnya yang sempat berkolaborasi dengan beberapa penyanyi lain termasuk Verbal Jint lewat lagunya You Look Good dan You Deserve Better yang memang keren abiesss ^^ Vokal mereka berdua sangat cocok untuk berkolaborasi.


Gue sendiri baru mengenal Phantom saat mereka menyanyikan lagu Hole in Your Face yang lagi-lagi MV mereka mendapat kritikan karena dianggap terlalu brutal. Di MV tersebut memang terjadi adegan penembakan meskipun sebenarnya mengecoh karena maksud dari MV tersebut beda kalau ditonton hingga akhir. Tapi MV tersebut toh akhirnya tetap disensor ;p Lagu ini sempet gue dengerin hampir setiap hari selama beberapa bulan hahaha... liriknya itu loh membuat gue pengen dengerin terus hoho...!!!

Setelah itu Phantom mengeliarkan digital single Ice yang lebih ceria dan di awal Agustus lalu sebuah digital single lagi Seaweed Soup (미역국). Meski judulnya aneh ternyata lagunya enak didenger.... dan ini rada lucu menceritakan cowok yang lupa hari ulang tahun ceweknya. Dan sebagai gantinya dia pengen bikinin sup rumput laut, soalnya kan kalo di Korea kalo ada yang ulang tahun biasanya disajikan sup rumput laut hehehe...

Untuk isi album Phantom City sendiri ada 8 track dengan lagu andalan Burning yang bertengger di track ke-2. MV lagu ini boleh dibilang merupakan MV terbaik dari Phantom dan lagunya juga keren banget >.< huffff sampe gue reply berkali" *lebay mode on*. Apalagi Shancez di close up molo hehehe....

Gak heran kalau di album ini Phantom juga sekali lagu berkolaborasi dengan Verbal Jint lewat lagu Homeground. Mereka juga menggaet Swing hmm... gue gak gitu tau tentang Swing sih :( Sedangkan untuk lagu pembuka Phantom City mereka berduet bareng As One yaitu Korean-American duo Lee Min Young (Min) dan Chae Da Hee (Crystal) yang debut tahun 1999 silam. Oia, As One juga pernah berkolaborasi sama Verbal Jint lewat lagunya Day by Day :)

Cd Phantom City sudah dirilis tanggal 20.08.2012 lalu. Berhubung di Indonesia nama Phantom kurang begitu terkenal beli cdnya susah nih... paling beli di YesAsia :) gue wajib beli album ini nih~~ meski harus menunggu karena baru beli BEAST Limited Edition hixxx

 

Phantom (팬텀) - Phantom City tracklist:

01. Phantom City (feat. 애즈원 / As One)
02. Burning
03. Homeground (feat. 버벌진트 / Verbal Jint, 스윙스 / Swing)
04. 미역국
05. 어딘데?
06. Ice
07. 얼굴 뚫어지겠다 (Re-Mastering Ver.)
08. Burning (Inst.)

#please buy the original cassette or cd for support the Artist#

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.