Pancious Pancake House!!!


Sebagai salah satu penggemar pancake gue cukup senang dengan kehadiran resto yang satu ini. Pancious Pancake House - restoran pancake ini pertama kali muncul di bilangan Permata Hijau, Jakarta Barat pada akhir 2007. Boleh dibilang kehadirannya memberikan efek cukup dahsyat pada dunia per-pancake-an di Jakarta khususnya.

Buktinya aja kemunculan Pancious Pancake House diiringi dengan kemunculan resto-resto pancake sejenis lainnya. Mulai dari Pan&Cook, Pan O, Pancake Parlour, Mr. Pancake dan masih banyak lainnya dengan versi yang beda-beda.
 
Nah, kalau di Pancious pancakenya memakai gaya Amerika dengan tekstur tebal dan mengenyangkan. Kalau di negara asalnya pancake ini biasa dimakan sebagai sarapan, tetapi di Pancious dibuat sebagai main course. dengan dua pilihan yakni sweet dan savoury.
Yang jenis sweet ada caramelized banana - pancake yang terakhir kali gue cicipin di Pancious -  terus ada strawberry, coco berry, mango, de el el. Nah kalo yang savoury pancake ada smoked beef, sausage and salami, waffle burger, dll. Kalau yang sweet biasanya disajikan dengan es krim, kalo yang savory biasa disajikan dengan fresh salad. Kalo gak mau pake pancake bisa juga diganti dengan waffle.

Untuk minumnya juga ada macem-macem mulai dari Manggo Fruit Tea yang katanya favorit sampe aneka chocolate dan kupi. O ya, kalau gak mau terlalu eneg karena terlalu manis-manis dan biar perut gak begah mendingan pesen minumnya jangan yang aneh-aneh hehe...
 
Soal harga bole dibilang agak sedikit mahal cuma ya berhubung porsinya cukup besar jadinya menurut gue harganya sih sebanding lah. Sekarang Pancious udah ada di beberapa mal lainnya kaya di Plaza Indonesia, Taman Anggrek, Pondok Indah 2, dll. 

Pancious Pancake House (Closed Jan 2011 >>> pindah ke Senayan City)
Jl. Permata Hijau Blok A No. 12
Jakarta Barat
Telp: (62-21) 530 4325 

Plaza Indonesia, Level 5 (lewat ekstension)
Telp: (62-21) 390 6817

Pacific Place Mall, Level 5 Unit 39
Kawasan SCBD

Telp: (62-21) 5797 3360

Mall Taman Anggrek Lt.3 #301
Jl. Letjen. S. Parman , Slipi - Jakarta Barat
Telp: (62-21) 5639130


Pondok Indah Mall 2 Lt.3 Unit 337-338
Jl. Metro Pondok Indah Blok 3 B , Pondok Indah - Jakarta Selatan
Telp: (62-21) 75920606


Biasanya sih biar menghemat gue sering buat pancake sendiri pake tepung premix atau dengan resep berikut:

RESEP PANCAKE AMERICAN STYLE:
Bahan:
350gr tepung terigu
3 tbs baking powder
1 tbs white sugar
1 tea spoon garam
1 cup susu
1 btr telur (pisahkan kuning dan putih telurnya)
melted butter secukupnya

Cara Membuat:
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder lalu aduk hingga rata. Kemudian baru tuangkan lagi kuning telur, butter, susu dan aduk kembali dengan garpu atau whisker.
2. Terakhir tuangkan putih telur ke dalam adonan dan aduk hingga adonan tidak ada yang mengumpal. Ini  tips yang gue dapet dari salah satu chef resto, katanya biar adonan fluffy... Diamkan sebentar selama 10 menit.  
3. Panaskan teflon dan cairkan butter hingga bunyinya mendesis (jangan terlalu panas pula).
4. Tuangkan adonan hingga berbentuk bulat dan diamkan selama beberapa detik hingga adonan bisa dibalik. Lakukan berulang sampai mencapai banyaknya pancake yang diinginkan.
5. Jika sudah pancake bisa diangkat dan dinikmati dengan maple syrup yang lezat atau es krim dan cokelat. Yummy!!!!

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.