Nyaman, Aman, dan Mudah Pesan Taksi Pakai #NewMyBlueBird

Buat mereka yang tinggal di kota-kota besar salah satunya seperti Jakarta, transportasi boleh dibilang sudah menjadi salah satu kebutuhkan penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi buat yang tidak memiliki kendaraan pribadi seperti saya, saat ingin berpergian dengan nyaman taksi sudah pasti jadi pilihan utama.

Sejak tahun 2008 saya sudah setia menggunakan taksi Blue Bird, terutama sekali kalau berpergian di malam hari. Alasan utama memilih Blue Bird, selain nyaman bagi saya hanya Blue Bird yang mampu memberikan kepercayaan rasa aman kepada penggunanya dibanding taksi sejenis lainnya. Awalnya untuk pemesanan online, taksi Blue Bird hanya bisa dipesan melalui telepon. Di tahun 2011 silam Blue Bird akhirnya melakukan inovasi dengan meluncurkan Blue Bird mobile app untuk pertama kalinya. Dan tahun 2016 ini Blue Bird melakukan perbaikan dengan memperkenalkan wajah baru mobile app miliknya yaitu #NewMyBlueBird.

Cara menginstal #MyNewBlueBird ini sangat mudah, karena handphone saya android tinggal masuk saja ke Play Store, ketik kata kunci Blue Bird di kolom search, lalu muncul ikon #NewMyBlueBird. Hanya dengan beberapa detik #NewMyBlueBird sudah terinstal di handphone saya. Buat yang nomornya sudah terdaftar langsung bisa sign in dengan mengetikkan no handphone atau telepon yang telah didaftarkan. Sedangkan bagi mereka pengguna baru, cukup melakukan registrasi dengan mengisi nomor handphone, e-mail, dan password yang diinginkan. Mudah bukan?


Sebelum menggunakannya untuk memesan taksi tentu saja saya mengulik aplikasi tersebut terlebih dahulu. Ternyata aplikasi #NewMyBlueBird ini lebih modern dan inovatif dari aplikasi sebelumnya. Ada 6 fitur di #NewMyBlueBird yang beda dari versi lamanya, ini dia:

1. Advance & Multiple Booking: Fitur ini memungkinkan pengguna #NewMyBlueBird melakukan pemesanan tidak hanya satu taksi, tapi maksimal 5 taksi sekaligus. Pemesanan bisa dilakukan saat itu juga atau di jam yang berbeda, serta memungkinkan pemesanan taksi untuk keesokan harinya. Praktis kan?


2. See Nearby Taxi: Lewat fitur #NewMyBlueBird ini kamu bisa melihat berapa banyak taksi yang tersedia di titik penjemputan yang ditampilkan lewat ikon berwarna biru logo Blue Bird.




3. Driver Rating: Sekarang kamu bisa menunjukkan apresiasimu kepada pengemudi dengan memberi rating saat kamu sudah diantar ke tempat tujuan. Selain memberi rating, kamu juga bisa memberikan komentar loh. Dengan rating dan komentar tersebut nantinya akan menjadi masukan bagi #NewMyBlueBird untuk memberikan pelayanan dan kualitas pengemudi taksi yang lebih baik lagi bagi pengunanya di masa yang akan datang.
 


4. Share My Journey: Sadar akan pentingnya keamanan dan kemudahan kamu dalam berkendara lewat fitur ini #NewMyBlueBird ingin memudahkan kamu berbagi lokasi dengan orang-orang terdekat kamu lewat media sosial.

5. Tracking System & Call Driver: Saat kamu sudah memesan taksi, secara real time kamu dapat pengetahui pergerakan taksi yang akan menjemput kamu. Selain itu, jika pengemudi sulit menemukan lokasi kamu, tinggal telepon deh lewat fitur Call Driver.

6. Fare Estimation & E-Receipt: Sekarang dengan fitur Fare Estimation #NewMyBlueBird kamu sudah bisa mengestimasi berapa ongkos taksi yang bakal kamu keluaran dan peta perjalanan ke lokasi yang akan dituju. Memang estimasi ini hanya perkiraan, karena beberapa faktor seperti macet bisa membuat ongkos yang terteratidak tepat, tapi paling tidak kamu sudah bisa mengira-ngira kan harus membayar berapa. Selain itu ada fitur e-receipt #NewMyBlueBird favorit saya. Dengan fitur ini pengguna akan menerima resi pembayaran taksinya lewat e-mail. Tidak hanya tertera harga yang dibayarkan, tetapi juga lokasi berangkat dan tujuan, jarak tempuh, lamanya perjalanan menggunakan taksi, foto & ID Pengemudi, serta metode pembayaran. Komplit kan?


Selain 6 fitur baru di atas bagi pengguna setia taksi Blue Bird pastinya udah tau dong kalo taksi sedan maupun taksi van kini tarifnya mengalami penyesuaian yaitu Rp6500,00 per buka pintu (sebelumnya Rp7500,00) dan Rp3500,00 per satu kilometer. Jadi lebih ringan dikantong nih!

Saya pikir menggunakan aplikasi #NewMyBlueBird ini bakal sulit, tapi ternyata tidak. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan ketika memesan taksi lewat #NewMyBlueBird:

1. Pertama-tama aktifkan GPS location di HP. Setelah sign in masuk ke aplikasi #NewMyBlueBird, masukkan lokasi penjemputan (pick up) melalui ikon +Add Location yang ada di bagian atas aplikasi. Favorit location ini bisa dimasukkan hingga 4 lokasi misalnya seperti rumah, kantor, rumah pacar atau sekolah. Saya pun siap memesan taksi. Ini untuk mempercepat pemesanan kamu di lain waktu juga.

2. Klik salah satu ikon lokasi penjemputan yang tadi sudah kamu masukkan ke Favorit Location (misal "Rumah"), pilih salah satu jenis mobil yang diinginkan (Blue Bird sedan, Van, Silver Bird sedan, Silver Bird Van). Klik >> Next

3. Klik ikon Drop Off lalu ketikkan nama gedung atau jalan yang kamu tuju, setelah muncul pilih dari hasil result. Fungsi pengisian Drop Off ini agar kamu bisa mengetahui estimasi biaya yang akan kamu keluarkan nanti.

4. Di bawah estimasi biaya ada Pick Up Instruction. Jika alamat yang ditampilkan di aplikasi kurang jelas, di notes ini kamu bisa menambahkan alamat yang lebih jelas atau patokan tempat kamu nanti akan dijemput oleh pengemudi nanti.

5. Di bawahnya lagi ada Pick Up Time: Klik Pick Up Now (jika kamu ingin dijemput saat itu juga), Today (jika ingin dijemput hari itu dengan jam yang berbeda), dan Tomorrow (jika ingin dijemput esok harinya).

6. Pilih sistem pembayaran, cash atau kartu kredit. Sistem pembayaran ini biasanya sudah disetting di awal saat registrasi. Klik ikon >> Book Blue Bird Now dan taksi kamu siap dicarikan oleh sistem #NewMyBlueBird. Jika taksi penjemput yang terdekat lokasi kamu sudah ditemukan, akan muncul pop-up foto, nama, dan ID pengemudi taksi. Kamu tinggal memantau taksi secara real time dari HP. Jika sang pengemudi kesulitan menemukan lokasi kamu, manfaatkan fitur Call Driver yang ada di aplikasi. Nah, mudah bukan?

Untuk lebih jelasnya berikut pengalaman saya memesan taksi menggunakan aplikasi #NewMyBlueBird untuk pertama kalinya. Sungguh tidak mengecewakan, pemesanan cepat dan mudah. Bagi yang ingin tahu lebih jelas seperti apa cara memakai aplikasi #NewMyBlueBird silahkan lihat video berikut ini.



Pemesanan online taksi memakai mobile app #NewMyBlueBird ini sudah bisa diunduh oleh pengguna Android, iOS Blackberry, dan Windows Phone. Mungkin seru kali ya kalau Blue Bird juga mengembangkan aplikasi #NewMyBlueBird untuk pengguna PC :) Saat ini aplikasi #NewMyBlueBird baru dapat digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Semarang, dan Medan. Semoga sih kedepannya Blue Bird bisa menambah penggunaan aplikasi #NewMyBlueBird ini di kota-kota lainnya di Indonesia ya... 

Kamu juga punya pengalaman menggunakan aplikasi #NewMyBlueBird??? Yuk, bagikan bersama Blue Bird.... KLIK DI SINI. Apalagi ada hadiah menarik loh menanti kamu ^ ^

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 comments:

Wanna say something?