Sate Kambing Muda H. Apud Cirebon... Enyakkkk!!!


Kuliner Cirebon kelezatan rasanya memang sudah gak usah diragukan lagi... apalagi akses ke kota ini dari Jakarta pun semakin gampang dan dekat berkat adanya Tol Cipali. Kebetulan beberapa hari lalu gue berkunjung ke Cirebon setelah sekian lama dan bukan kepingin beli batik haha tapi pengen jajan makanan yang enyak-enyakkk....

Pemberhentian pertama di kota tersebut adalah sebuah restoran di pinggir jalan yang ramai yaitu RM Empal Gentong H. Apud. Sebenernya sih bukan empal gentong yang jadi incaran gue, melainkan sate kambing mudanya yang wuihhh... udah kebayang deh rasanya saat melumer di lidah. Meski demikian signature RM H. Apud ini memang si empal gentong dan konon si pemilik sudah berjualan empal dari tahun 1993.

Bener aja pas sampe cari parkir pun suse, tapi bapak tukang parkirnya mau nyariin tempat sampai akhirnya mobil bisa diparkir juga. Di depan rumah makan, para peawainya sibuk meracik empal gentong, ngipas sate, sampai meracik minuman. Wuihhh belum masuk aja udah rame....

Yup keramaian yang sebenarnya ada di dalam restoran hahaha.... meski tempatnya luas banget cuma semua meja hampir gak ada yang kosong. Jadinya gue pun harus mengantri sampai ada meja kosong. Untungnya seorang ibu yang baik hati memberikan kursinya sama gue... duh tengs Bu tau aja saya udah laper berat ehehe....
Menunya gak neko-neko di rumah makan ini alias sederhana aja karena didominasi Empal Gentong (20k). Ada dua pilihan empal gentong yang biasa pakai santan dan yang bening alias empal gentong asem. Isiannya mulai dari daging sapi, babat, usus, sampai kikil. Selain itu ada Nasi Lengko Pagongan (10k) dan tentu saja si Sate Kambing Muda (30k) atau yang biasa disebut batibul.

Semua menu tentu aja dipesan mulai dari empal gentong biasa dan asem, sate kambing, sampai nasi lengko. Yassss.... makan besar hehehe mari lupakan timbangan ^^  Empalnya enakkk... kuahnya sueger dan gurih gak berlebih dengan taburan irisan daun bawang yang royal dan bawang goreng, dagingnya juga empuk. Yang empal gentong asem juga mayan enak dan taste asamnya berasal dari irisan belimbing wuluh, meski favorit gue tetep si empal gentong santan sih :)
Sate kambing mudanya menggugah selera banget disajikan dengan kecap dan irisan bawang merah dan potongan cabai hijau. Dipinggirnya dikasih lagi sambal kalau kurang pedas. Gigitan pertama dagingnya empuk banget... bangetan hahaha serasa melumer di lidah. Seporsi yang isinya 10 tusuk rasanya kurang buat gue yang fans berat sate kambing muda. Alhasil gue pun pesen lagi 3 porsi buat dibawa pulang hahaha....

Nasi lengko pagongannya kata temen gue sih gak gitu istimewa rasanya... cuma gue sendiri kurang suka nasi lengko jadi memang gak nyicipin. Nasi lengko ini dikasih embel-embel Pagongan karena konon di Cirebon kawasan Jl. Pagongan banyak di jual jenis makanan ini. Nasi lengko ini isinya nasi putih yang diatasnya diberi topping toge, irisan tahu, irisan timun, dan siraman bumbu kacang. Diatasnya lagi-lagi ditaburi daun bawang dengan royal.


Minusnya rumah makan ini cuma harus sabar nunggu makanannya dateng dan begitu pun saat bayar di kasir karena pengunjungnya rameeeee bingits... untuk pelayanannya harus diacungkan jempol karena yang melayani makanan dan minuman pelayannya dibedakan secara khusus jadi gak bingung dengan pesanan kita. Yang harus dicatet kalo mau pesen bawa pulang, maka order-lah sekalian saat pesen makanan makan di tempat, karena kalo order udah mau pulang.... ya selamat nunggu sekitar setengah jam sampai satu jam lagi baru makanan Anda bisa dibawa pulang hehehe :)

Oia, di dekat Apud ada juga rumah makan Empal Gentong H. Amarta mungkin next time ke Cirebon bisa dikunjungi nih...

Empal Gentong H. APUD
Alamat Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat - Cirebon
Phone : 0231 - 211 055
HP : 082115337650


k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?