Mengintip Kuil Sam Poo Kong


Kuil yang terletak di Simongan, Semarang ini merupakan kuil Tionghoa yang memiliki sejarah berkaitan dengan masuknya agama Islam dalam budaya masyarakat Tionghoa pada jaman dulu.

Kuil yang juga dikenal dengan sebutan Gedong Batu diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-15. Konon kuil atau kelenteng ini merupakan persinggahan Laksamana Cheng Ho (Sam Po Tay Djien) yang berkebangsaan Tionghoa dan menganut agama Islam.

Kedatangan Cheng Ho sendiri di pulau Jawa mengemban misi untuk menjalin persahabatan. Ada dua bangunan besar yang penting di kuil ini yaitu bangunan pemujaan utama yang disebut Klenteng Besar dan Gua Sam Po Kong. Dari tahun 1974 sampai sekarang kuil ini sudah mengalami beberapa kali perbaikan, dan gue berharap pemerintah bakal terus ikut menjaga peninggalan sejarah sekaligus daya tarik wisata.

Pertama kali berkunjung ke tempat ini kira-kira beberapa minggu lalu. Kebetulan temen gue orang Semarang dan waktu ditanya mau kemana "Sam Poo Kong" adalah salah satu list tempat yang pengen banget gue kunjungi hehe....

Ternyata kuil ini gak terlalu jauh dari rumahnyaa atau entah karena Semarang bukan Jakarta yang kemana-mana selalu kena muacettt... Yang pasti cuma sekitar 15-20 menit sudah sampe ke depan gerbang bertiang merah dengan tulisan "Sam Poo Kong". Wah.... keren juga gak kalah sama kuil tempat wisata yang dulu pernah gue singgahin waktu di HK ^^

Di bagian dalem sebelum masuk ada lampion-lampion yang kalau malam bakal dinyalakan... pastinya keren ouyy! Tiket masuknya? Gak ada kok alias gratis... semua boleh masuk ("_")

Di dalem ada beberapa bangunan dan beberapa diantaranya dipagerin gitu, sepertinya sedang dilakukan perbaikan. Jadi kita cuma foto-foto di bagian luarnya aja. Beberapa bangunan kuil ada yang dipakai untuk sembahyang dengan dupa-dupa, ada pula yang ziarah makam orang-orang kepercayaan Cheng Ho yang dikuburkan disana. Ada penjaganya semua orang boleh masuk dengan melepas alas kaki.

Kuil Sam Poo Kong @ Semarang
Di salah satu bangunan kuil yang besar (gue duga ini bangunan utamanya) ada yang menarik buat gue. Selain patung-patung di atas atap yang melengkung ada ukiran-ukiran naga dan binatang-binatang lainnya (foto atas). Selain tiang-tiang tinggi dan besar berwarna merah yang menyangga bangunan kuil, ada pula tiang-tiang yang berukiran naga, dsb. Gue sempet terpesona... buat gue tiang dengan ukiran-ukiran kayak gitu keren banget ^^

Bagian atasnya juga ada lampion-lampion merah yang berderet-deret. Kuil besar ini masih aktif, tampak beberapa pengunjung yang masuk dan sembahyang di dalamnya. Para pengunjung dilarang berfoto di dalem kuil, mungkin takut mengganggu yang sedang sembahyang atau ziarah. Tapi kalo sekedar foto dari luar gak apa-apa selama gak berisik dan menganggu...

Nah, di bagian belakang dan kuil ini ada gambar-gambar yang terbuat dari batu. Konon gambar-gambar tersebut merupakan gambaran perjalanan laksamana Cheng Ho. Di tempat ini juga ada katanya sih ada gua, cuma gue gak masuk ke dalemnya. Di beberapa tempat lain juga ada lilin-lilin raksasa yang tinggi dan berdiameter besar.

Berhubung gue dateng udah agak sore jadi disana gak bisa lama-lama karena perut sudah keruyukan. Tapi buat yang maen ke Semarang, gue rekomen untuk dateng ke Kuil Sam Poo Kong ini.

Klenteng Sam Poo Kong 
Jl. Simongan, Semarang
Indonesia

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.