Warung Kopi Purnama, Ku Kembali !


Pertama kali bertandang ke warung kopi ini kira-kira sekitar 2 tahunan lalu. Sejak saat itu gue langsung jatuh hati dengan Kopi Purnama. Mulai dari minumannya, makanannya, suasananya yang mengingatkan jaman doeloe sampe para penjual makanan kaki lima di luar kedai ini. Semua uenak ^^ hehe...

Kopi Purnama terletak di Jl. Alkateri 22, Bandung. Kalo dari arah Pasar Baru, gak begitu jauh dari WTC dan tinggal liat jembatan penyebrangan terus belok ke kiri. Jl. Alketeri ada di belokan kanan pertama dari sana. Memang kalo dari arah sini mobil ga bisa masuk karena one way dan kalo mau masuk harus muter balik dari jalan besar. Tapi daripada repot mendingan tinggal jalan kaki deh nuju Warung Kopi Purnama :)


Warung Kopi Purnama masih sama seperti dalam ingatan gue sewaktu pertama kali ke tempat ini. Warung ini sederhana dengan jendela-jendela kayu seperti di rumah nenek gue dulu. Kursi-kursinya dari kayu jati sederhana. Konon warung kopi ini merupakan salah satu yang tertua di Bandung dan dibuka sekitar tahun 1940-an.

Bedanya sekarang tampilannya sedikit lebih kinclong, karena si pemilik rupanya habis mengecat kusen jendela dan dinding kedai ini. Setiap pagi penghuni warung ini hampir selalu sama, yaitu para opa dan oma yang lagi baca koran atau menyeruput kopi dengan santai atau mengobrol. Ada pula yang mengisi perut sehabis olah raga pagi. Suasananya hmm... nyaman banget :)


Karena itu hari Sabtu, ada beberapa tamu 'tak biasa' - termasuk gue menghabiskan sarapan pagi di sana. Harum kopi dan roti panggang dari meja sebelah menggelitik hidung. Seperti biasa menu favorit gue kalo gak kopi susu, teh susu, dan roti panggang.

Pagi itu gue pengen teh susu dan roti pangang keju. Rotinya ada yang selai srikaya, keju, pindakaas (selai kacang), nanas, dll. Selain itu juga ada roti ham, roti dadar sosis, roti telur, dan mi yamien, bihun, serta aneka nasi goreng, nasi lengko, dll.


Kopi susu disajikan dengan dua lembar roti yang dioles tipis margarin dan ditaburi keju yang royal. Keistimewaannya rotinya tebal dan empuk banget, tipe roti yang masih memakai adonan jadoel. Inilah ciri roti yang jadi ciri khas Kopi Purnama. Kopinya juga enak, kalo buat gue Starbucks kalah deh hehe...

Apalagi pas bayar gak nyampe Rp 60.000,00 udah bisa sarapan untuk bertiga. Kalo ke Bandung lagi gue pasti bakal mampir ke tempat ini. Apalagi pas pulang gue kemaren gak sempet nyobain lotek dan es cendol Elisabet enak yang ada di ujung belokan Jl. Alkateri itu.

Warung Kopi Purnama
Jl. Alkateri No. 22, Bandung
Jam Buka: 06.30-18.30
Telp: 022-4201841

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.