My 1st Mbatik Yuuuk !!!

Pertama kali ikutan kegiatan ngebatik di Mbatik Yuuuk milik Bu Indra Tjahjani ini sebenarnya diawali dengan ketidaksengajaan. Waktu itu salah satu teman komunitas share info di FB tentang kegiatan mbatik, gue yang selama ini penasaran dan pengennnn banget nyobain cara membuat batik langsung aja daftar.

Untuk mbatik di tempat bu Indra ini harganya macem-macem tergantung media yang dipilih. Ada saputangan, scraft, sama baju kaos dengan harga yang bervariasi. Paling mahal emang kalo baju kaos sekitar 140K dan karena baru belajar gue pilih saputangan.

Kegiatan ini berlangsung di Museum Bank Mandiri yang ada di Kota, gak jauh dari stasiun Kota. Jadinya akses kendaraan juga gak begitu sulit untuk kesana. Pas sampe... wah ternyata yang berminat sangat banyakkk.... termasuk turis asing. Kebetulan waktu itu yang dateng turis-turis muda dari Jepang.

Setelah registrasi ulang dan dapet tas jinjing keren dari Mbatik Yuuuk acara dimulai dengan presentasi pengenalan batik terlebih dahulu oleh Bu Indra. Terus dilanjutkan dengan cara membuat batik langsung di area beranda museum yang menghadap ke taman.

Meski cuma bergelar koran sebagai alas gak cuma gue yang asyik para peseta lain juga udah larut dalam kegiatan mencanting ini. Pertama-tama setelah dibagiin kain yang sudah memiliki pola barulah kegiatan mengasyikkan tersebut di mulai.

Bu Indra yang ramah dan doyan ngomong hilir mudik menyapa dan mengajari para peserta. Sesekali juga cerita soal batik sambil kita asyik mencanting terus ngajarin tips memegang canting yang bener. O ya, canting sendiri merupakan salah satu alat yang penting dalam membuat batik disamping 'malam'.

Canting terbuat dari lempengan tipis tembaga warna kuning yang seperti pipa kakek-kakek jaman dulu kalo merokok. Diameternya sekitar 2 cm untuk menampung 'malam' yang sudah dicairkan dalam tempat seperti wajan yang imut. Di bagian depan canting ini ada pipa bengkok untuk mengalirnya malam ke kain putih. Jenis canting macem-macem loh ternyata, kalo yang pipa tempat keluarnya malam super kecil seperti yang gue pake namanya Canting Cecek. Kalo yang sudah expert bisa pake Canting Carat yang punya dua pipa sekaligus woww....!!!

Sedangkan kalo yang dimaksud malam itu sejenis lilin yang biasa digunakan untuk membuat pola batik. Yang kalau sudah dicairkan berwarna kuning keemasan. Fungsinya untuk menutup kain putih dari warna yang tidak diinginkan saat proses pewarnaan batik. Nah, kebayang kan susahnya batik-batik itu dibuat? Gak heran kalau harganya mahillll....

Setelah pola selesai sambil cekakak-cekikik bersama teman-teman satu kelompok dan berbagai 'accident' tumpahnya 'malam' akhirnya proses mencanting kelar juga. Selanjutnya dikasih cairan wax buat kalo yang mau batiknya agak pudar-pudar gitu, kalo gak mau bisa langsung menuju ke taman bawah untuk proses pewarnaan dengan direbus di atas kompor.

Pewarnaan ini juga macem-macem ada yang memakai warna biasa ada pula yang pewarnaan alami. Kalau yang pewarnaan alami tentu lebih mahal, kalo kali ini kebetulan Bu Indra memakai pewarna biasa. Setelah menunggu giliran untuk diwarnain fiuhhh.... akhirnya jadilah my 1st batik ^^ ho ho ho

Meskipun gue rasa gak bakal laku kalo dijual (ya iyalahhh....) tapi gue bener-bener terkesan dengan kegiatan tersebut. Apalagi saat proses mencanting, kalo menurut Bu Indra sih bisa sekaligus sebagai proses meditasi juga loh dan menenangkan jiwa. Tapi bener juga sih.... buktinya gue jadi tetap tenang meski menghadapi 3missgetir yang udah ribut sms en nelpon nungguin gue gak nongol-nongol di tempat janjian deket Binus.

Sekali lagi gue jatuh cinta dengan batik......!!!

Mau ikutan kegiatan Mbatik Yuuuk!!! 
Kegiatan diadakan tiap bulan di Museum Bank Mandiri, Jakarta
Telp: 0811-168 398
Website: http://mbatikyuuuk.com
Email: mbatikyuuuk@yahoo.com

k-hyee

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Wanna say something?